Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Pepes Ayam Yang Enak BRRR

Resep Pepes Ayam Yang Enak tentu pada mau. berikut rahasi cara membuat yang harus anda tahu, selain bahan ikan, jamur juga ati ampela, persiapkan dulu bumbu yang mantap agar masakan ini menjadi santapan yang sempurna untuk semua.

Pepes adalah masakan tradisional yang mungkin gak bakal bisa dibikin dinegara lain yang tidak punya daun pisang, coba bayangkan kalau pepes atau pais dibuat atau dibungkus dengan plastik, kayaknya kita yang liat udah illfeel duluan, apetit kita gak kerangsang untuk menyantapnya,

Resep Pepes Ayam


banyak sekali anek pepes di indonesia, selain pepes ayam, kita sebut yang sudah umum misalnya, pepes tahu, ikan, jamur, ati ampela, sedangkan di jawa masakan yang hampir mirip adalah garang asem. Pepes ayam sangat diminati terutama yang menggunakan bumbu khas sunda, mungkin karena memang pais identik dengan kesundaan. resep pepes ayam pun beragama, walaupun beda-beda dikit, ada yang pedas, sedang-sedang saja, menggunakan santan kelapa atau juga tidak, bahannyapun beda, misalnya ayam kampung atau bukan. semua itu terserah dan sesuai selera si pembuat, variasi boleh tapi nama dan rasa sama saja, semua bumbu selalu di ulek dulu lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus, selain bentuknya sangat khas dan unik rasanyapun demikian, hampir tidak ada yang tidak suka dengan masakan ini, karena campuran rasa gurih, lezat dan segar adalah kesukaan lidah indonesia, cocok di sajikan kapan saja dan untuk acara apa saja. dari bahan daging sapi ada resep empal gentong yang enak

Oh iya sebenarnya kalau kita gali lebih dalam lagi Resep Pepes Ayam ini, nenek moyang kita mengajarkan pepes itu di bakar, setelah semuanya bahan di bumbui lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering, begitulah resep pepes daging ayam selalu. Namun membakar bukan pekerjaan mudah untuk dilakukan sehari-hari sehingga terciptalah pepes atau pais yang dikukus. untuk lebih jelasnya kita lihat bareng-bareng cara membuat pepes ayam yang enak segar ini :

Lihat juga ada resep opor ayam nih

Kumpulkan bahan pepes ayam ini :
  • 500 gram ayam (broiler atau kampung), dipotong menjadi 10 bagian
  • 1 butir Telur ayam
  • 10 buah Cabe rawit
  • 3 sendok makan Minyak goreng
  • 5 buah Serai bagian pangkalnya yang dimemarkan
  • 5 lembar Daun salam
  • 5 irisan kecil Lengkuas
  • 1 ikat Daun kemangi segar
  • 1 sendok makan Minyak goreng
  • Secukupnya Daun pisang tuk pembungkus

Bumbu halus resep pepes ayam :
  • 2 siung Bawang putih
  • 4 butir Bawang merah
  • 2 cm Jahe ukuran
  • 2 cm Kunyit ukuran
  • 1 sendok teh Terasi bakar
  • 4 buah Cabai merah keriting
  • 1 sendok makan Garam

Cara Membuat Pepes Ayam yang Enak :
  1. ~ Langkah awalnya campurkan terlebih dahulu ayam dengan bumbu halus lalu diamkan hingga menyerap.
  2. ~ Lalu di dalam wadah yang terpisah masukkan telur ayam, cabe rawit, minyak goreng dan daun kemangi. Aduk secara merata dan pisahkan menjadi 5 bagian.
  3. ~ Setelah dirasa menyerap bumbu dalam ayamnya, bentangkan sebuah daun pisang yang sudah dibersihkan diatas meja.
  4. ~ Kemudian masukkan 1-2 potong ayam yang berbumbu kemudian tambahkan serai, daun salam dan lengkuas. Tak lupa siramkan dengan campuran telur tadi.
  5. ~ Selanjutnya Rapikan dan rapatkan dengan menggunakan semat lidi di bagian ujung-ujungnya.
  6. ~ Lalu Kukus selama 20 menit sampai matang. angkat, beres sob Resep Pepes Ayam kita.
Nah menurut juna Pepes ayam enak siap disajikan dan disantap bersama-sama, pastinya habis tak bersisa, sangat disarankan dengan nasi pulen yang masih hangat karena akan menambah nikmatnya masakan sunda ini, kalau mau digoreng ada resep ayam goreng kalasan milik juna.

pepes ayam memiliki aroma yang harum dan rasa yang dijamin menggoda selera kita. anda bisa menyajikan pepes ayam saja sudah cukup. masakan sunda ini hemat minyak goreng dan sehat. Selain itu pepes ayam sangat cocok disajikan tuk buka puasa. selain menyegarkan dapat menambah nafsu makan juga. yuk mari kita lestarikan Resep Pepes Ayam Yang Enak ini untuk anak cucu kita nanti.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Pepes Ayam Yang Enak BRRR