thumbnail

Resep Cara Membuat Jus Mangga Segar Abis

Resep Cara Membuat Jus Mangga Segar Abis - Kalau lagi haus dan kebetulan punya buah manggah silahkan buat seperti ini dan ikuti dengan tenang mengolahnya, dijamin pasti anda suka dan membuat tenggorokan jadi segar dan betenaga kembali.
5 from 13 reviews

Jus Mangga Susu

ditulis : Lisnawati Published:
 
resep jus mangga campur susu
Persiapan
5 menit
Pengolahan
10 menit
 
Resep ini untuk : 1 porsi
Siapkan Bahan-bahan seperti :
150 gram mangga matang 100 ml susu kedelai Es batu secukupnya
Cara membuat jus mangga:
Mangga dikupas lalu potong-potong bentuk dadu. Masukkan ke dalam gelas blender. Tambahkan susu kedelai (bisa diganti sesuai selera) dan potongan es batu untuk menambah kesegaran jus. Silahkan Proses sampai halus, sajikan sewaktu masih dingin.
Catatan :
Perlu diketahui bahwa Olahan minuman jus mangga susu ini dapat dimanfaatkan sebagai media terapi kecantikan tubuh berkat manfaatnya untuk merawat sel-sel kulit dari dalam.

Begitulah caranya bro, semoga anda berhasil dengan Resep Cara Membuat Jus Mangga Segar Abis, ini mendapatkan kesegaran kembali badan anda.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Padang

Resep Lontong Sayur Padang asli. Rasa pedas akan menyelimuti lidah kita berbeda dengan khas jawa dan betawi dan ini tanpa labu siam hanya terbuat dari buncis dan nagka muda saja.

Dengan kuah rasa yang khas ala masakan minangkabau, anda akan dikagetkan dengan lezat dan gurihnya santan, biasa dimakan bersama lontong atau ketupat. ada banyak variasi masakan ini, misalnya lontong sayur medan dan yang biasa, cuma yang dari sumatra barat ini cukup banyak yang menyukainya, dibuat dari tetelan daging sapi kemudian dicampur nangka dan buncis dengan kuah santan yang kental kemerah-merahan cukup membuat air liur kita menetes ( bagi yang lagi lapar ).

Resep Cara Membuat Lontong Sayur Padang


Itulah sedikit cerita tentang sayur ini, mengenai bahan dan cara mengolahnya dapat anda lihat dibawah ini secara lengkap, cukup jelas di kupas dan dibahas satu demi satu dan apa saja yang harus anda kerjakan / lakukan agar mendapatkan masakan yang enak dan sempurna layaknya asli datang dari padang / sumatra barat sendiri, cek juga cara membuat semur daging presto kami, baik silahkan baca, resep lontong sayur khas padang dari kami dan nikmati sajian hasil anda sendiri.

Bahan bahan nya :

250 gram daging tetelan daging sapi
1200 ml air santan dari 1, 5 butir kelapa
300 gram buncis, dipotong-potong serong
1/4 potong besar nangka, dikupas serta dipotong-potong

Bumbu dihaluskan :

15 buah Cabe merah
12 buah Bawang merah besar
8 buah Bawang Putih
2 ruas jari Jahe segar
1 ruas jari Kunyit
3 ruas jari Lengkuas, digeprek dulu
1/4 sendok teh Ketumbar

Dedaunan :

8 lembar Daun Jeruk
5 batang Daun Sereh
2 lembar Daun Kunyit
Secukupnya Garam

Langkah Cara Membuat Lontong Sayur Padang :

- Pertama rebus daging tetelan sampai 1/2 masak.
- Kemudian masukkan nangka, lanjutkan merebus sampai seuanya matang, sisihkan.
- Selanjutnya didihkan santan kelapa, lantas masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, masak sambail diaduk-aduk sampai santan keluar minyaknya.
- Lalu masukkan dedaunan juga tetelan beserta air rebusannya, nangka serta buncis, biarkan sebentar.
- Langkah terkahir beri garam secukupnya, cicipi rasanya. Masak sampai semuanya matang.

Gak ada kesulitan kan melihat dan membaca bahan dan caranya, cukup simpel kok, seperti juga memasak opor ayam. kalau lontong atau ketupat bisa anda beli dimana saja, kalau mau bikin sendiripun cukup mudah kok, terus pelengkap lainnya yang akan membuat komplit adalah kerupuk merah khas padang juga.
Nah admin rasain nih cukup enak dan gurih dan tentu saja pedas, (hati-hati yang tidak suka pedas, kurangi penggunaan cabai). diolah secara cepat membuat anda bisa segera menikmati sajian sedap ini, semoga Resep Lontong sayur padang persembahan kami berguna untuk semua.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Cara Membuat Semur Daging Presto

Resep Semur Daging Presto Empuk. Mau tahu cara mudah sederhana bikin semur sapi cepat saji dan hasilnya enak lezat serta bumbu meresap sempurna?, ini dia kami persembahkan sebuah trik khusus menggunakan alat masak presto.

Siapa yang gak keal dengan masakan semur daging sapi?, semua pernah merasakan lezat nya masakan ini, biasanya dibuat / diolah dan disajikan pada saat hari lebaran, tetapi dewasa ini menu kuliner ini sudah biasa dihidangkan untuk menu makan sehari-hari ditengah keluarga. semur daging sapi mempunyai rasa serta bentuk yang khas, biasanya berwarna coklat pekat, daging direbus dengan berbagai bumbu rempah rempah yang sudah khususkan sehingga punya cita rasa kuah yang enak.

Resep Cara Membuat Semur Daging Presto

resep semur daging sapi dengan Pressing cooker
walaupun pembuatannya cukup sederhana, namun banyak juga diantara kita mengeluh soal ke empukan dagingnya, karena kalau alot kenikmatan menyantap masakan ini jadi terganggu, jadi usahakan kalau masak daging sapi harus empuk dan bumbu meresap terutama rendang padang tuh, maka diciptakanlah sebuah alat memasak yang bernama presto atau Pressing cooker tentu sangat cocok untuk melaksanakan resep semur daging ini, alat ini memang dikhususkan untuk merebus bahan makanan supaya lembut, misalnya segala macam daging, dengan waktu yang cukup singkat dimasak dengan presto pasti hasilnya memuaskan. ok kami contohkan disini cara memasak semur daging sapi dengan panci presto (Pressing cooker), hanya butuh waktu 30 menit saja, makanan sudah siap santap.

Bahan bahan harus ada untuk semur daging presto :

500 gram daging sapi, potong-potong seperti kubus (2 cm)
750 cc air bersih
3 sendok makan kecap manis, merek apa saja
1 sendok teh kecap asin
secukupnya Minyak goreng untuk menumis


Bumbu Bumbu resep semur daging  :

3 siung bawang putih, haluskan
5 butir bawang merah, iris halus
1 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam


Cara membuat semur daging sapi Presto :

+ Awalnya tumis bumbu sampai harum.
+ Berikutnya beri air, kecap asin, kecap manis, masukan daging sapinya. masak sebentar.
+ Lalu masukan kedalam panci Presto dan masak lagi dengan api kecil selama 30 menit, angkat, masakan sudah selesai dan hidangkan semur daging presto yang empuk ini diatas meja makan.

Nah cukup hanya dengan 3 langkah saja, makanan lezat bahan daging sapi sudah siap untuk disantap, alat ini bisa juga bikin kuah bakso loh. tips sedikit menggunakan panci presto / Pressing cooker bagi yang belum pernah menggunakannya, jangan langsung dibuka itu tutup presto sebelum dingin atau uapnya keluar semua, karena kalau tidak, akan menyembur keluar dan sangat berbahaya (panas banget). begini detilnya ; Ada dua cara yang bisa Anda pilih. Yaitu, melepaskan dengan cara alami (mengangkat panci dari kompor dan membiarkannya dingin) atau dengan cara pelepasan cepat (membuka katup pengaman sampai uap habis baru membuka tutup panci).
nah itulah sedikit triks yang bisa kami bagikan.
Ok sobat Juna, semoga Resep Semur Daging Presto berguna untuk anda semua.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang

Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang Asli nih - Makanan berbahan ikan  dicampur tepung sagu ini cukup uik dengan isi pepaya muda, bagi penyukanya akan terus ketagihan, yuk bikin sendiri saja dari pada beli harus keluar uang banyak juga sangat jarang ditemui.

Pelu diketahui empek-empek sudah menyebar bak virus ke perbagai belahan sudut indonesia, siapa yang gak kenal dengan namaya pempek palembang, dari restoran besar sampai kedai kecil dan penjual keliling sudha banyang berkeliaran menjualnya, dan hampir semua mengklaim bahwa buatannya adalah pempek palembang asli. Nah kali ini kami akan memperkenalkan pempek pistel, jenis ini cukup unik dan terbilang "aneh",

Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang


bukannya berisi telur seperti pempek kapal selam yang cukup populer, tapi dia berisi pepaya muda yang sebelumnya sudah diiris-iris kecil atau di parut sekalian lalu ditumis dengan bumbu bumbu khusus, sedangkan bahan dasarnya hampir sama dengan empek-empek biasa yang menggunakan ikan tidak seperti pempek dos yang tidak menggunakan ikan. Oh ya ada beberapa jenis pempek palembang asli loh, seperti dibilang diatas tadi, kemudian lenjer, kulit, lenggang, keriting, hmm apalagi ya.


Nah dibawah inipun kami sajikan cara membuat cuko / cuka asli yang pedas, supaya lebih afdol dan mantap rasanya dan jangan lupa irisan mentimun sediakan sebelumnya ya, terus mie kuning juga agar lengkap juga terasa bahwa kita sedang menyantap suguhan pempek palembang asli. Ok yuk lihat Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang dibawah ini.


Bahan A :

125 gr tepung terigu
250 Ml Air
2 sendok teh garam halus
4 Siung bawang putih
Kaldu ayam bubuk seperlunya (Saya tak gunakan)


Bahan B :

2 butir telur
300 gr tepung sagu (seperlunya hingga dapat dibuat)


Resep Tumis Pepaya :

250 gr pepaya muda, diparut
1 Sdm ebi, rendam sebentar air panas
1/2 sdt ketumbar
1 siung bawang putih
garam secukupnya
1 sdm minyak

Langkah cara membuat Tumis Pepaya :

Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus. Tumis sampai harum. Masukkan pepaya serta tutup sebentar. masak sampai matang


Langkah Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang :

1. Didihkan air dengan garam serta bawang putih, sesudah mendidih masukkan tepung terigu serta aduk dengan cepat. Dinginkan
2. Kocok terlepas 2 butir telur, masukkan adonan terigu aduk hingga rata serta tak menggumpal (bila butuh dapat pakai mixer dengan kecepatan rendah)
3. Campur sagu sampai adonan kalis serta dapat dipulung. bentuk bulat lantas pipihkan, isi dengan tumisan pepaya. Bentuk seperti pastel.
4. Panaskan air sampai mendidih, rebus pempek sampai mengapung. Goreng bila akan dikonsumsi.


Resep Cuka Pempek

250 gr gula merah, disisir
50 gr asam jawa
750 ml air
5 siung bawang putih, cincang halus
2 sendok makan ebi dihaluskan
20 buah cabai rawit, dihaluskan
1 sendok makan tongcai, cincang halus (saya tak gunakan)
1 sendok teh garam

Langkah cara membuat Cuko / cuka :

Didihkan gula merah, asam jawa, air, serta cuka lantas saring.
Masukkan bawang putih, ebi, cabai rawit, garam, serta tongcai.
Didihkan kembali lantas angkat.

Nah ternyata Dari satu adonan pempek palembang asli, terdapat beberapa makanan yang dapat dihasilkan, tergantung baik pada komposisi ataupun sistem pemrosesan akhir serta pola penyajian. Salah satunya yaitu Laksan, Tekwan, Jenis, serta Celimpungan. Laksan serta celimpungan di sajikan dalam kuah yang memiliki kandungan santan ; sedang jenis serta tekwan di sajikan dalam kuah yang memiliki kandungan kuping gajah, kepala udang, bengkuang, dan ditaburi irisan daun bawang, seledri, serta bawang goreng serta bumbu yang lain. Varian baru juga telah mulai di buat orang, umpamanya saja kreasi Pempek keju, pempek baso sapi, pempek sosis dan pempek lenggang keju yang dipanggang di wajan anti lengket, dan saat ini warga Palembang juga bikin pempek dengan bahan basic terigu serta nasi juga sebagai pengganti ikan.

Nah seperti cukup sudah pembahasan Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang dari kami, semoga menjadi inspirasi anda.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Cara Membuat Opor Ayam Lezat

Resep Cara Membuat Opor Ayam Lezat - Seperti rendang dan sambal goreng, masakan ini harus ada saat lebaran, dengan bumbu santan yang kental menjadikan kuah opor lezat dan enak.

Masakan berbahan dasar ayam ini relatif mudah untuk di masak, dengan bumbu utama bawang merah, bawang putih, serai serta kuah santan kepala akan membalut daging ayam yang empuk serta gurih.
Makanan yang jatanya berasal dari daerah jawa ini sangat cocok untuk disantap bersama nasi atau lontong / ketupat kemudian ditambah sambal goreng hati kentang yang pedas, itulah khas makanan idul fitri yang akan selalu kita jumpai setiap tahuannya.

Resep Cara Membuat Opor Ayam

opor ayam bumbu santan kental
Opor ayam adalah sajian kuliner khas Indonesia yang mempunyai kaitan dengan hari lebaran. Resep opor ayam khusus terbuat dari olahan ayam yang dibalur dengan beberapa bumbu kuning yang dibuah berkuah. Masakan khas nusantara ini paling enak bila disantap dengan ketupat maupun lontong hingga tidak salah bila opor ayam sama dengan hari raya Idul Fitri, beda dengan soto ayam kuning. Nyaris seluruhnya anggota keluarga sangatlah suka pada type masakan opor ayam ini. Dalam membuatnya nyatanya tidaklah susah lantaran artikel kesempatan ini saya bakal menghidangkan resep opor ayam khusus yang ditanggung paling enak dari opor ayam yang pernah ada. Nah simak sebagian bahan serta langkah pembuatannya.

Bahan bumbu yang harus dikumpulkan tuk opor ayam

1 ekor ayam atau seputar 1 kilogram
Minyak untuk menumis secukupnya
Daun salam 2 lembar
Batang serai 1 buah yang telah dimemarkan
Lengkuas 1 cm yang telah dimemarkan pula
Kayu manis 4 cm
Santan 750 cc dari 1 butir kelapa

Bumbu bumbu Halus opor ayam

Bawang merah 10 butir
Bawang putih 4 siung
Ketumbar 1 sendok makan
Jintan 10 butir
Merica bulat ½ sendok teh
Jahe 2 cm
Kunyit 2 cm
Garam seperlunya saja


Langkah Cara Membuat Opor Ayam Spesial

+ Langkah pertama dalam resep opor ayam khusus yaitu dengan bersihkan ayam terlebih dulu serta potong jadi 10 sisi yang lalu digoreng dalam minyak yang panas sampai berwarna kekuningan.

+ Langkah Kedua Panaskan 3 sendok makan minyak goreng serta masukkan seluruhnya bumbu yang telah dihaluskan jadi satu kedalam wajan itu. Tumis sambil diaduk selalu. Masukkan serai, lengkuas

serta kayu manis kedalamnya.

+ Langkah ketiga Sesudah aromanya mulai merasa keluar, masukkan santan yang disusul dengan ayam yang tadi sudah digoreng. Masak sampai santan mendidih serta ayam juga jadi empuk.

+ Langkah Keempat Sesudah di rasa masak, angkat dari atas kompor serta hidangkan dengan lontong serta ketupat. kelar sudah opor ayam khusus lebaran nih.


Berilah kerupuk atau emping juga taburan bawang goreng yang renyah sebagai pelengkap opor ayam. Bila anda cinta dengan citarasa pedas, seperti yuh resep ayam goreng saus jamur, pada saat meracik bumbu halus, ditambahkan beberapa buah cabe rawit menurut anda suka. kalau gak suka sama sekali atau gak tahan pedas, ya jangan pakai saja. Menu kuliner istimewa ini dapat anda santap bersama-sama, rasakan lezat dan sedapnya kuah santan kental yang cukup beraroma, sebarkan resep Cara Membuat opor ayam ini kepada siapa saja.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Ayam Goreng Saus Jamur

Resep Ayam Goreng Saus Jamur yang enak - Jika ingin merasakan ayam berbeda lihat cara membuat masakan yang kami punya, nikmat banget silahkan coba.

Makanan yang berbeda akan membuat selera makan kita bertambah, gak mau dong kalo rasa ayam dimasak begitu-begitu saja, seperti mie ayam yamin misalnya, disini akan dibahas mengenai ayam goreng crispy yang diguyur dengan saus jamur atau mushroom, rasanya enak dan nikmat dengan saus yang beraneka rasa berkuah kental jamur warna coklat.

Resep Ayam Goreng Saus Jamur


kuah ini terbuat dari campuran bumbu rempah, telur lalu di kentalkan oleh tepung terigu dan tentunya jamur atau mushroom yang segar. mau tau cara membuat ayam goreng saus jamur, silahkan anda catat, siapa tahu anda butuh nanti untuk akan malam atau makan siang.


Bahan bahan Ayam goreng crispy :

1 dada fillet, potong dadu/dipotong tipis
2 buah telur ayam, kocok lepas
250 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt bawang putih bubuk
minyak untuk mengoreng

Bahan Saus jamur / mushroom :

250 gr jamur champion (bisa ditukar pakai jamur kancing)
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 siung bawang bombay, irislah memanjang
200 ml air
1 sdm tepung terigu
1 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdm saus sambal
1 sdt saus tomat
2 sdm saus tiram
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya
Merica secukupnya
minyak goreng untuk menumis


Langkah Cara Membuat Ayam Goreng Saus Jamur :

Campur tepung terigu, garam, merica bubuk, serta bawang putih bubuk (jika gak ingin repot bisa gunakan tepung bumbu favorite)
Gulingkan ayam ke kombinasi tepung sembari di tekan-tekan supaya tepung melekat
Lalu input ke telur yang telah dikocok
Kemudian balur kembali dengan tepung sembari dicubit-cubit supaya lebih crispy
Diamkan sebentar saat sebelum digoreng supaya tepung lebih menempel
Goreng sampai kuning kecoklatan
Angkat serta tiriskan di atas kertas roti atau tissu dapur.


Langkah cara membuat Saus Jamur / mushroom :

Tumis bawang bombay sampai agak layu
Input bawang putih tumis sampai harum
Input jamur serta tumis sebentar saja
Input tepung terigu aduk rata (upayakan jangan sempat menggumpal)
Input air serta seluruhnya bekas bumbu, aduk sampai rata
Tunggulah sampai saus mengental
Matikan api

Nah cara Penyajian masakan ini begini ; Tata ayam di atas piring saji, kemudian Siram saus di atas ayam (boleh banyak kalau suka), silahkan santap.
Cukup mudah dan sederhana pembuatan resep masakan ini, kemudian bahan dan bumbu cukup familiar mudah didapat, yang dibutuhkan cuma sabar saja dan waktu agak banyak, semoga membantu dengan adanya Resep Ayam Goreng Saus Jamur dari Juna, selamat mencoba.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Sayur Lodeh Di Masak Sederhana

Resep Sayur Lodeh Di Masak Sederhana yang enak. Masakan kuah sedap ini terdiri campuran labu siam putih dan terong, ala sunda atau betawi begini cara membuat lodeh mantab

Sayur lodeh yaitu masakan sejenis sayur tradisional khas Indonesia terlebih di daerah jawa juga Jawa Tengah. biasanya terdiri dari sayuran; labu siam, kacang panjang, melinjo, terong lalu dikasih bumbu santan kelapa.
Resep Sayur Lodeh Sederhana

Resep Sayur Lodeh Sederhana

Sayur ini memiliki beragam jenis variasi terlebih pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih serta ada pula yang santannya berwarna merah, warna putih sangat jarang sekali di masak.
Resep masakan yang enak serta gurih ini sangatlah beri kesegaran serta pas bila digabungkan dengan ikan teri, cara masak nyapun sangat praktis, seperti temennya sayur asem tuh, bikin seger. Kalau kurang pedas boleh disajikan berbarengan dengan sambal, yg paling terkenal masakan ini dari daerah betawi atau sunda dengan Resep Sayur Lodeh masing-masing, karena memang kita belum pernah mendengar hidangan ini dari daerah luar pulau jawa.
Masakan Kuah sayur lodeh yang cukup cair, bisa dikombinasikan dengan apa saja atau malah sebagai camilan tanpa apapun. Bila takarannya telah cocok, Lodeh buatan / olahan anda terasa pasti lebih lezat dan tidak ada bandingannya, itu menurut JUNA sih.

Keterangan Resep
Waktu persiapan : 15 Menit
Lama waktu memasak : 30 menit
Jumlah sajian : 5 porsi
Perkiraan jumlah kalori : 324 Kcal
Tingkat kesulitan : Sedang saja

Beberapa Komposisi bahan bahan sayur :

200 gr labu siam, kupas, potong dadu dulu
100 gr kacang panjang
100 gr daun melinjo muda
600 ml santan

Bahan Bumbu halus Resep Sayur Lodeh :

6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt kemiri
1 sdm garam

Bumbu tambahan olahan sayur lodeh :

3 buah cabai hijau, diiris serong
1 buah cabai merah, irislah serong
1 cm lengkuas
2 lembar daun salam
1 sdm udang kering, rendam air panas dulu
1 buah tomat, dipotong jadi empat bagian

Langkah Resep cara membuat sayur lodeh sederhana

~ Awalnya coba Rebus santan serta bumbu halus didalam panci sembari diaduk-aduk dan masak sampai mendidih.
~ Berikutnya Masukkan daun salam, lengkuas, udang kering, melinjo, labu siam, serta kacang panjang masak sampai sayuran empuk.
~ Akhirnya, Masukkanlah cabai merah, cabai hijau, terong, daun melinjo, masak kembali sampai terong serta daun melinjo matang sempurna dan bumbu meresap. Angkat.

Bila anda jemu dgn sajian / masakan pendamping ketupat putih yang itu-itu saja, salah satu alternatif sayur rekan makan ketupat seperti opor ayam, boleh juga soto mie bogor, ya hidangan sayur lodeh ini paling cocok. Anda dapat menyajikannya berbarengan ayam goreng juga ikan asin (teri) sebagai pelengkap, tapi jangan lupa cara masak yang benar harus diperhatikan. Dengan gabungan ini, hidangan anda bakal tidak sama dengan hidangan di keluarga yg lain. Sayur lodeh dengan sedikit cita rasa pedas, bakal meberikan sensasi tidak sama dengan opor yng condong gurih. Nah beginilah resep sayur lodeh sederhana kami sajikan disini, agar beberapa macam sayuran yang ada didalamya membuat penyajian ketupat menjadi lebih seru.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Soto Mie Bogor Asli Enak Sederhana

Resep Soto Mie Bogor Asli Enak Sederhana Seep. Masak mi khas bogor yuk, gak sulit kok kalau anda tau banget cara membuat makanan enak yang banyak suka ini.

Sajian yang satu ini banyak diburu beberapa wisatawan yang berburu kuliner khas Bogor. Di beberapa titik di kota Bogor ini bisa kita jumpai penjual Soto Mie ini. Satu diantaranya yang populer enak yaitu di daerah Taman Cimanggu.
Resep Soto Mie Bogor

Soto Mie khas Bogor

di mangkuk biasanya di isi mie, bihun, wortel, lobak, kentang, risol, daging, kikil, emping, bawang goreng serta bawang daun. kesegaran kuah Soto Mie akan memanjakan syaraf-syaraf di indera pengecap. Ini memanglah jadi salah satu kelebihan yang dipunyai oleh Soto Mie bogor. Satu lagi yang harus di rasakan yaitu risol goreng : kering serta renyah. Soto Mie Bogor memanglah banyak direferensikan bila ada yang ajukan pertanyaan makanan enak di Bogor. selain itu biasanya bisa nikmati menu yang lain seperti soto santan, soto bening, baso bening serta sop ayam. karena lezatnya keringat anda akan mengucur dari panasnya kuah soto mie serta sambal yang pedas, sebagai sensasi sendiri dalam nikmati sajian kuliner yang khas ini. Sepertinya memanglah belum komplit bila nikmati wisata kuliner di Bogor saat sebelum mencicipi soto mie. Pengolahan atau cara membuat soto mie bogor ini agak ribet, Kami buat dalam 1. 5 jam. hidangan mi yg berkuah kaldu, masakan khas Sunda, tepatnya di daerah Bogor (kota hujan) Jawa Barat.
Mie yang digunakan diolah dari mi telur dari tepung terigu, garam, juga telur, soto mengacu pada hidangan sup berkuah khas asli Indonesia.

Ada beragam type serta variasi resep soto mie, yang bisa di buat berbahan dasar ayam, daging sapi / jeroan sapi sperti babat, urat, atau juga kaki sapi. Terkadang mi kuning terigu ditukar dengan bihun atau kombinasi keduanya, diberi tambahan irisan kentang rebus, tomat, telur ayam rebus, kacang, serta tauge. Kuah kaldu disiramkan ke kombinasi bahan ini. Kuah di buat dari kaldu daging sapi atau ayam dengan penambahan bumbu-bumbu. Bahan pelengkap soto mie umpamanya jeruk nipis, sambal, bawang goreng, cuka, kecap manis, serta emping.

soto mie Bogor biasanya terbuat dari urat kaki sapi, babat, & mi, diberi tambahan irisan risoles sederhana lalu diberi sayur serta bihun, tomat, kol, kentang, serta seledri, berbeda dengan mie ayam yamin. Nah gimana?, siap untuk mencoba Resep Soto Mie Bogor ?.

Keterangan Resep
Waktu persiapan : 15 Menit
Lama waktu memasak : 1,5 Jam ( lama karena merebus daging )
Jumlah sajian : 4 Porsi
Perkiraan jumlah kalori : 429 Kcal
Tingkat kesulitan : Sedang

Siapkan bahan soto mie :

250 gr daging sapi sandung lamur
150 gr daging kikil serta/atau babat
250 gr mie kuning basah
100 gr bihun, rendam di air panas
½ buah kol fresh, irislah tipis
4 buah tomat merah
Risol
Kerupuk emping
Secukupnya Garam
Secukupnya merica bubuk

Bumbu halus tuk Resep Soto Mie Bogor :

10 buah bawang merah
5 buah bawang putih
6 buah kemiri

Siapkan juga :
Cuka
Kecap
Jeruk limau
Bawang goreng
Daun bawang
Daun seledri
Sambal cabai

Proses cara membuat soto mie bogor

~ Awalnya anda Rebus daging sapi, kikil serta babat 1/2 masak, lalu angkat serta buang airnya.
~ Kemudian Rebus kembali daging, angkat serta sisihkan. Masak kaldu dalam api kecil.
~ Selanjutnya Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan ke kaldu.
~ Sekarang berilah garam serta merica, masak sampai mendidih.

Resep Cara Menyajikan :

~ Tata mie kuning juga bihun didalam mangkok.
~ Lalu berilah irisan kol, potongan daging, kikil, potongan risol, potongan tomat serta emping di atasnya.
~ Kemudian kasih cuka dan juga kecap.
~ Setelah itu Tuang kuah ke mangkok.
~ Selanjutnya Taburi dengan daun bawang, seledri & bawang goreng.
~ Silahkan Hidangkan masakan berbarengan sambal cabai dan jeruk limau.

Hasil Resep cara membuat Soto Mie kota bogor ini Rasa kuahnya sungguh fresh, sama dengan mie ongklok segernya, pastinya menggugah selera makan, terlebih bila ditambah sambal cabai pedas, pasti lebih nikmat. sekedar mengingatkan bahwa salah satu ciri khas dari soto ini yaitu penambahan risol goreng dengan isian bihun di dalamnya. Inilah yang menurut JUNA paling khas dari soto ini, lantaran tak ada soto lain dimana saja di nusantara yang memakai risol, jadi masakan ini terbilang unik loh. Ok pengunjung terima kasih sudah membaca Resep Soto Mie Bogor Asli Enak Sederhana dari JUNA.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Video Resep Membuat Mie Ayam Yamin Yang Enak 105%

Resep membuat Mie Ayam Yamin Yang Enak 105% menurut kami. Makanan mi campur ayam memang banyak tapi yang enak sangat susah dicari, gimana cara masak biar disukai?.

Pernah nyobain masakan ini?, dijual di kota besar seperti jakarta, beda dengan mie ongklok, Mi atau bakmi ayam yaitu masakan Indonesia yang terbuat dari mi kuning di rebus mendidih lalu ditaburi saos kecap spesial beserta daging ayam serta sayuran.

resep mie ayam yamin

resep mie ayam yamin

Mi Ayam kadang-kadang diberi tambahan dengan bakso, pangsit serta jamur. begitupun milik pak yamin, tapi entah kenapa masakan dia ini enak sekali dimulut sehingga menjadi terkenal. berangat dari situ JUNA mendapatkan bocoran resep mie ayam yamin enak ini.

Video Pembuatan Mie Ayam

Bahan juga bumbu mie ayam

Bakso sapi / bakso ikan, pangsit goreng / bakso rebus / bakso bikinan sendiri
Tahu bakso
5 potong paha ayam
11 buah jamur merang (jamur sesuai sama selera)
Mie telor / mie basah
Cai sim (sawi)
Bawang putih
Kecap ikan
Kecap asin/kikoman
Kecap manis
2 buah daun bawang potong tipis-tipis
Sambal pedas botolan
Minyak sayur


Untuk Kuah bakso :

Rebus paha ayam hingga masak, namun airnya janganlah dibuang.
Sisihkan paha ayam.
Masukkan bakso sapi/bakso ikan, pangsit goreng/bakso rebus/bakso buatan sendiri, tahu bakso hingga air mendidih lantas kecilkan apinya.
Apabila mau gunakan pangsir rebus, masukkan pangsitnya terakhir.
Imbuhkan garam, merica sesuai sama selera.


Tumis ayam jamur :

Suwir-suwir daging ayam yang tadi di rebus.
Irislah bawang putih serta jamur tidak tebal.
Tumis bawang putih hingga harum, lantas masukkan jamur serta daging.
Kasih air hingga terendam.
Kasih kecap ikan, masak hingga air habis.


Langkah cara membuat Mie Ayam Yamin Yang Enak :

Langkah awalnya, Siapkan 2 buah mangkuk (1 kecil, 1 besar), untuk kuah bakso serta mienya.
di Mangkuk mie : beri 1 sdm minyak sayur, 1 sdm kecap kikoman, mie yang telah di rebus.
Kemudian beri kecap manis serta campur hingga rata.
Lalu Diatanya beri tumis ayam jamur, irisan daun bawang serta caisim yang telah di seduh gunakan air panas.
Terakhirnya, Beri pangsit goreng atau pangsit rebus.

Silahkan Hidangkan selagi masih hangat / panas, boleh pake bakwan jagung kali ya, karena akan terasa lebih gurih dan nikmat. soo pengunjung blog resep Juna gitudeh Resep Mie Ayam Yamin kali ini.

Lisnawati
Resep Juna
Free blog counters