thumbnail

Resep Kue Kering Kacang Tanah GILING SSIP

Resep Kue Kering Kacang Tanah GILING SSIP. Juna siap mau lebaran untuk itu bikin cake dengan cara membuat seperti ini, dicatat semuanya untuk sobat biar masyarakat indonesia pada bisa buat sendiri, kan enak tuh.

Kacang tanah memiliki aroma yang khas terlebih sesudah disangai. Ada beberapa olahan yang menggunakannya, mulai dari saus kacang tanah, disco, hingga bahan pelengkap adonan kue. Salah satu cake yang memanfaatkan kacang tanah adalah pembuatan kue kering kacang disaat lebaran. Banyak juga yang menyebutnya peanut cookies, digemari karena rasanya spesial renyah. nah disini juna sengaja ngasih resep kue kering kacang tanah sederhana namun istimewa atau spesial juga praktis.

Resep Kue Kering Kacang Tanah

Resep Kue Kering bahan Kacang Tanah

Makanan yang menurut juna sangat unik sebab diolah tanpa mentega. Adonan kue kering ini memanglah tidak seperti adonan kue cetak lainnya. Si Adonan seolah pisah-pisah, gak mau menyatu. Juna kali ini menggunakan cetakan bentuk bulan sabit. Nah diusahakan pada saat menggilas harus padat, agar nanti hasilnya jadi cantik. Bagi sobat ingin membuat kue kering kacang ini, sekali lagi juna bilang, padatkan dulu hasil gilasan menggunakan tangan supaya adonan tak mudah pecah atau retak waktu dicetak. itulah sedikit tips.

Baca juga resep kue nastar manis

Kumpulkan bahan bahan ini
  • 475 gram tepung terigu
  • 25 gram susu bubuk full cream
  • 250 gram minyak goreng
  • 250 gram kacang tanah, disangrai, giling / tumbuk / blender
  • 250 gram gula halus 
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk 
  • 2 kuning telur ayam untuk olesan

Cara membuat Kue Kering dari Kacang Tanah :
  1. ~ Langkah awalnya ayak tepung terigu bersama gula, garam, susu, dan vanili. 
  2. ~ Lalu masukkan kacang tanah, aduk-aduk merata. 
  3. ~ Kemudian tambahkan minyak goreng, aduk-aduk rata, Usahakan harus padat.
  4. ~ Selanjutnya sobat bisa cetak kue kering berbahan kacang tanah sesuai selera.
  5. ~ Setelah itu olesi bagian atas kue dengan kuning telur ayam.
  6. ~ Terakhirnya panggang kira-kita sekitar 30-45 menit atau sampai matang. Dinginkan, beres Resep Kue Kering juna.
Sebelumnya ada resep soto lamongan

Boleh sobat cicipi kalau sudah dingin, Namun jangan lupa setelah itu masukkan segera ke toples yang kedap udara, supaya tetap kering, makanan ini siap disimpan di meja tamu pada hari idul fitri. Semoga sobat juna gak mendapatkan kesulitan dan banyak pertanyaan dalam benak sobat mengenai Resep Kue Kering Kacang Tanah GILING renyah spesial ini.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Soto Lamongan Daging AYAM POLLL

Resep Soto Lamongan Daging AYAM POLLL enak. Masakan jawa timur ini cukup terkenal, namun cara membuatnya belum tentu pada tahu, juna sengaja menyediakan cara memasak disini agar sobat masak dirumah sendiri.

Masakan Soto Lamongan ini biasanya dengan taburan poya krupuk udang gurih. Selain aroma yang khas dengan tampilan rasanya yang berbeda, ini disebabkan karena bumbu soto ayam lamongan lebih lengkap sehingga cita rasanya lebih nikmat dan lezat. Satu lagi yang membedakannya adalah krupuk udang halus, inilah yang membedakannya dari resep soto lain. Bagaimana resep soto lamongan asli dengan daging ayam yang enak?, gunakan jenis ayam yang bagus kualitasnya, sobat harus menggunakan ayam kampung yang sudah dewasa juga gemuk lagi muda.

Resep Soto Lamongan Daging AYAM

Resep Soto Lamongan Asli
Jika sobat mencoba mengolah soto lamongan ambil ayam kampung untuk memperoleh kuah kaldu berkualitas bagus. Masakan Soto khas jawa timur ini sudah menjadi favorit sebagian masyarakat, bersaing dengan soto Kudus, Banjar, Betawi, Madura, Makassar, banyumas, bandung. Untuk itu juna bahas cara membuat soto Lamongan Jatim dengan daging ayam kampung.

Baca juga resep soto betawi susu

Bahan utama :
  • 1 ekor ayam kampung (bolier juga boleh), bersihkan ayam

Haluskan bumbu soto lamongan :
  • 1 ekor ikan bandeng, ambil dagingnya, pisahkan dari duri juga kulit
  • 10 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 3 sendok makan ketumbar 
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 biji kemiri
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula
  • secukupnya penyedap rasa

bahan tumisan Resep Soto Lamongan :
  • 7 lembar daun jeruk
  • 2 batang sereh
  • 2 batang daun bawang, dirajang 

Bahan pelengkap :
  • secukupnya bawang goreng
  • secukupnya bihun, diseduh, ditiriskan
  • secukupnya cabai rawit, diseduh kuah soto dan diulek sebagai sambal soto
  • secukupnya seledri, dirajang halus
  • secukupnya jeruk nipis
  • kecap manis (optional)
  • poyah (terbuat dari kerupuk udang & bawang putih, goreng lalu diulek halus)
  • beberapa telur rebus 

Cara membuat soto lamongan :
  1. ~ Langkah awal tumis bumbu halus bersama daun jeruk, sereh juga rajangan daun bawang hingga harum, matikan kompor. 
  2. ~ Kemudian ambil panci, masukkan ayam lalu isi air hingga ayam terendam, lalu rebus diatas kompor. 
  3. ~ Lalu masukkan bumbu tumis, kemudian rebus hingga ayam matang. setelah dingin, ambil ayam dari dalam panci,tiriskan. 
  4. ~ Sekarang tambahkan air lagi, beri juga garam, gula dan penyedap rasa sesuai selera, rebus hingga mendidih. 
  5. ~ Sobat ambil penggorengan dan goreng Ayam yang sudah ditiriskan tadi sampai matang, tiriskan lalu disuwir-suwir. beres Resep Soto Lamongan Daging ayam kita.

Cara menyajikan soto khas lamongan :
  1. ~ Ambil mangkuk, lalu taruh nasi lalu taruh diatasnya bihun, suwiran ayam, potongan telur ayam, seledri juga bawang goreng. 
  2. ~ Sekarang siram dengan kuah soto. beri kecap, poyah, sambal juga perasan jeruk nipis sesuai selera.

Artikel sebelumnya resep soto banjar spesial seperti Soto Lamongan

Sungguh nikmat dan lezat masakan Lamongan ini, segar di lidah dan tenggorokan saat disantap, kalau masih lapar pasti nambah lagi, memasak masakan inipun gak sulit, sederhana dan praktis deh. Semoga sobat juna bisa juga mengolah Resep Soto Lamongan Daging AYAM POLLL ini.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Soto Banjar susu ASLI KALSEL

Resep Soto Banjar susu ASLI KALSEL (kalimantan selatan). Sangat spesial dan enak, sobat wajib mencobanya berwarna putih dan gurih gak kalah dengan soto ayam lamongan dan kudus, juna berani diadu deh, ya gak.

Perlu diketahui semua pecinta kuliner indonesia, bahwa soto banjar selalu menggunakan daging ayam, kalaupun ada yang pakai daging lain, berarti itu sudah modifikasi, selain itu yang asli banjar wajib sekali menggunakan susu cair sebagai penambah gurih dikuahnya. Resep soto banjar yang juna masak ini asli dari kalimantan selatan, kedua ciri pokok masakan banjar sudah terpenuhi disini. Juna anjurkan beli bahan bahan yang masih segar dan berkualitas ketika sobat akan memasak apapun supaya rasanya enak dan asli.

Resep Soto Banjar susu ASLI

Resep Soto Banjar susu

isi didalam masakan banjar ini adalah : soun, suwiran ayam goreng, telur rebus, kentang rebus, dan perkedel kentang, kemudian orang asli kalimantan saja selalu menyantapnya dengan lontong atau ketupat, jadi cocok dong untuk nanti hari besar lebaran, jadi siapa yang masak lihat saja cara membuat soto banjar yang asli pakai susu disini.

Baca juga resep soto kudus ayam juga.

Kumpulkan bahan bahan ini :
  • 1 ekor Ayam, dipotong menjadi beberapa bagian
  • 2 liter Air 
  • 250 cc susu cair  
  • 1/4 butir pala cukup 
  • 2 butir cengkeh
  • 3 buah kapulaga 
  • Secukupnya garam
  • 10 cm kayu manis
Haluskan bumbu Soto Banjar :
  • 1 sendok teh merica butir
  • 5 siung bawang putih segar 
  • 10 siung bawang merah segar 
Bahan pelengkap Resep Soto Banjar :
  • Beberapa buah Perkedel kentang
  • 6 butir telur ayam rebus , dipotong-potong
  • 100 gram Soun, direndam sampai lunak dengan air panas, ditiriskan
  • 2 batang daun bawang, diiris tipis
  • Secukupnya lontong / Ketupat
  • Secukupnya daun seledri, dirajang halus
  • 4 sendok makan bawang merah goreng 
  • secukupnya kecap manis 
  • secukupnya jeruk nipis 

Cara Membuat Soto Banjar :
  1. ~ Langkah awalnya rebus daging ayam sampai empuk lalu tambahkan garam secukupnya. diangkat, ditiriskan.
  2. ~ Lalu sisakan air sisa rebusan tadi  1,5 liter saja, ini untuk dijadikan kuah nantinya.
  3. ~ Kemudian potong daging ayam lalu suwir-suwir kecil, sisihkan.
  4. ~ Setelah itu sobat tumis bumbu halus diatas api sedang sampai harum, matikan api, angkat.
  5. ~ Sekarang sobat hasil tumis bumbu ini ke kedalam kuah sisa rebusan ayam yang tadi.
  6. ~ terus beri kayu manis, pala, kapulaga juga cengkeh, lalu masak lagi sampai mendidih.
  7. ~ Langkah terakhirnya sobat tambahkan susu cair sedikit demi sedkit sambail terus diaduk-aduk perlahan jangan sampai pecah. angkat, beres nih Resep Soto Banjar.
Sebelumnya ada resep kacang sembunyi yang pedas.

Masakan Soto Banjar khas kalimantan selatan berkuah ini sangat gurih dan lezat, juna ingatkan lagi nih, makannya dengan ketupat atau lontong ini persyaratan yang harus dijalani supaya makan sobat jadi afdol seperti yang orang banjar lakukan. oke deh juna cape juga nih nulisnya,,,Resep Soto Banjar susu ASLI sudah selesai ya.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Kacang Sembunyi PEDAS MANIS RENYAHHHH

Resep Kacang Sembunyi PEDAS MANIS GUYS gurih. Lucu dan unik mungkin ada yang baru dengar, apalagi cara membuat kue ini pasti blank banget dong ya, kacang dibalut oleh tepung terigu dan dalamnya ada yang ngumpet ngintip.

Salah satu cemilan yang renyah cocok untuk lebaran Kue Kacang Sembunyi sebagai makanan kecil yang cukup enak mempunyai daya simpan yang lebih lama. Juna tahu bahwa cemilan cukup sehat dan bergizi, tidak mengandung bahan-bahan kimia, rasa dan aromanya yang khas. Memasak Kacang Sembunyi rasa pedas manis cukup banyak peminatnya, sobat patut untuk mencoba menikmati kelezatannya.

Resep Kacang Sembunyi

Resep Kacang Sembunyi

Makanan berbahan baku kacang ini sudah terkenal sebagai jajanan dengan khas lapisan bumbu rasa manis pedas. Namun Kue kering tradisional ini sekarang mulai jarang kita jumpai, untuk itu juna mencoba mengajak sobat untuk melihat cara membuat Kacang Sembunyi PEDAS juga MANIS untuk dimasak di rumah sendiri.

Baca juga resep kacang bawang renyah

Kumpulkan bahan bahan ini :
  • 1 kg tepung terigu
  • 1/2 kg gula pasir
  • 1/2 kg kacang tanah
  • 4 butir telur ayam
  • secukupnya mentega 
  • secukupnya garam 
  • secukupnya air 
  • secukupnya cabai bubuk

cara membuat kacang sembunyi :
  1. ~ Langkah awalnya campurkan di wadah, tepung terigu, garam, telur ayam juga air secukupnya. 
  2. ~ Lalu aduk adonan sampai mengental. Jangan terlalu lembek. untuk itu pada saat menambahkan air tambahkan sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk.
  3. ~ Setelah itu giling adonan kacang sembunyi hingga menipis, gunakan penggiling mie supaya lebih cepat.
  4. ~ Kemudian potong adonan sesuai kebutuhan sebagai penutup kacang nantinya.
  5. ~ Ambil satu biji kacang tanah lalu taruh di pinggir potongan adonan dan gulung menyerong secara rapi.
  6. ~ Sobat Lakukan sampai semua kacang tanah habis.
  7. ~ Sekarang panaskan minyak goreng dan masukkan gula pasir juga cabai bubuk secukupnya.
  8. ~ Setelah itu goreng adonan tersebut hingga matang, angkat, tiriskan, beres sudah Resep Kacang Sembunyi.
Nih ada resep pancake durian lezat.

Tak begitu sulit bukan sobat?, kue cemilan yang pasti disukai siapa saja. kue kering ini sangat cocok untuk dihidangkan diatas meja tamu saat lebaran, beserta kuping gajah, kacang telur dll. bagaimana sudah siap dengan Resep Kacang Sembunyi pedas manis ini?.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Pancake Durian Sederhana NICHH

Resep Pancake Durian Sederhana NICHH biasanya enak dari medan. Juna sediain nih cara membuat kue yang enak dengan isi buah duren tapi harus asli ya isinya jangan bohongan, bahan bahannya cukup praktis dan mudah ditemui.

Sajian panekuk durian bisa untuk pesta dan acara keluarga. Namun juna kasih tahu bahwa dalam sepotong pancake durian terkandung 391 kkal ada baiknya sobat menyantap kue ini satu potong saja dalam 1 hari. Makanya hati hati ya, semoga yang suka durian jadi bisa menahan diri. Kue Panekuk Duren Sederhana ini dibikin minimalis, karena tidak memakai santan pula, lebih sehat tentu tanpa pengawet, pewarna, dan pemanis buatan sangat sehat.

Resep Pancake Durian Sederhana

Resep Pancake Durian Medan

Pancake sebenarnya banyak ya ada berisi coklat terus isi keju, namun berisi buah-buahan memang jarang, mungkin bisa jadi cuma ini dari medan yang sudah terkenal. Baik sobat juna dimanapun berada inilah cara membuat pancake durian yang harus sobat coba.

Baca juga resep pie susu

Bahan kulit  :
  • 500 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam, dikocok
  • 350 ml susu cair
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • Secukupnya gula galus
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan isi Resep Pancake Durian :
  • 300 gram daging buah durian segar
  • 1 sendok makan gula halus
  • 55 ml krim kental

Caranya : sobat kocok krim kental dengan gula dan daging durian.  Aduk rata


Cara membuat Pancake Durian :
  1. ~ Langkah awalnya campurkan semua bahan kulit secara merata, lalu tuangi susu sedikit demi sedikit.  Aduk rata.
  2. ~ Kemudian goreng adonan kulit pancake seperti membuat dadar.  dan Ulangi sampai adonan habis.
  3. ~ Sekarang sobat ambil dua sendok makan isi, lalu simpan diatas tiap dadar, silahkan gulung, lipat seperti risoles bentuk kotak. Lakukan sampai habis, beres Memasak Pancake Durian.
Sebelumnya ada resep ayam tumis jahe enak.

Silahkan sobat simpan di lemari es supaya dingin, karena akan lebih enak dan segar ketika disantap dalam keadaann dingin, oh iya bahan kue ini tanpa whipped cream juga tidak menggunakan daun suji atau pandan sebagai pewarna, yang biasanya pancake durian itu berwana hijau, tapi itu gak mengganggu rasa kok. juna yakin itu hanya asesories. Dengan demikian Resep Pancake Durian Sederhana dari juna sudah beres.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Ayam Tumis Jahe Masakan ENAKEEE

Resep Ayam Tumis Jahe Masakan ENAKEEE perlu dicoba. bagi siapa saja yang mau masak ayam berbeda ikuti cara membuat makanan yang unik, rasanya hangat dan gurih dengan aroma sangat menggugah, siapa saja pasti menyukainya.

Daging ayam memang bisa diolah apa saja, baik do goreng biasa, pakai tepung, bakar, panggang dan tak kecuali di tumis. kali ini resep masakan praktis juna blog mempersembahkan tumis ayam jahe, kenapa jahe?, karena jahe adalah rempah-rempah yang mudah didapat, selain itu nanti hasilnya akan ada rasa hangat dan aroma wangi khas jahe.

Resep Ayam Tumis Jahe

Resep Ayam Tumis Bumbu Jahe

pokoknya sangat enak dan patut sekali dijadikan menu sehari-hari dikeluarga sobat. mari lihat langkah cara membuat ayam tumis bumbu jahe yang lezat ini.

baca juga resep ayam woku

Kumpulkan bahan bahan ini :
  • 1 ekor ayam kampung potong 8
  • 1 Jahe sebesar ibu jari, diiris seukuran 1/2 batang korek api
  • 3 siung bawang putih keprak, dicincang
  • 1/2 sendok teh merica
  • 500 ml Air (sesuai selera)
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Kecap manis

Cara membuat ayam tumis pakai jahe :
  1. ~ Langkah awalnya Tumis bawang putih & jahe hingga harum dan kecoklatan.
  2. ~ Kemudian masukkan ayam lalu diaduk - aduk hingga berubah warna.
  3. ~ Lalu tuangkan kecap manis, garam & merica lalu aduk sampai merata sekitar 3 menit.
  4. ~ Selanjutnya Tuangkan air lalu aduk kembali.
  5. ~ Setalah itu Biarkan mendidih sampai ayam lunak, tambahkan air jika kelihatan belum cukup sampai ayam lunak.

Sedikit Tips :

pada waktu dididihkan lebih baik ditutup agar ayam cepat lunak.


Artikel sebelumnya resep pie susu bali.

Demikian cepat tersajinya masakan ini, silahkan cicipi deh karya kuliner indonesia yang merupakan salah satu sajian sedap juna. sekian Resep Ayam Tumis Jahe Masakan ENAKEEE semoga bermanfaat.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Pie Susu SEDERHANA ala NCC

Resep Pie Susu SEDERHANA ala NCC Enak. Beneran gak bohong, setelah ikutin cara membuat kue ini, akhirnya berhasil juga dan lezat, tanpa tambahan seperti buah, coklat ataupun keju, dibiarkan rasa original saja.

Makanan yang entah dari mana datangnya, banyak orang mengira Kue pie susu datang dari pulau dewata bali, emang tak gak salah juga, sebab disana akan banyak ditemui makanan ini dan pelancongpun banyak juga membawa oleh oleh kue ini ke rumah. Jika sobat juna pengen ngerasainnya tanpa harus pergi ke bali, nih disediakan resep pie susu yang mudah dan praktis siapapun pasti berhasil mengolahnya.

Resep Pie Susu Bali

Resep Pie Susu Bali

Sedangkan bila sobat berada di pulau dewata dan bermaksud membeli Pie Susu khas Bali, pastikan sobat juna memesannya terlebih dahulu sebelum datang ke tokonya. sebab kue susu ini dibuat berdasarkan pesanan saja, sehingga sobat bisa saja kehabisan. Nah lebih baik bikin sendiri dengan acuan cara membuat pie susu dari juna ya.

Bandingkan dengan resep kue cubit yang lembut nih.

Bahan kulit:
  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 300 gram mentega
  • 3 butir kuning telur ayam
  • 2 sendok makan gula halus

Cara membuat Kulit pie Susu Sederhana :
  1. ~ Langkah awal campurkan semua bahan menjadi 1, uleni sampai berbutir-butir. Satukan, kepal-kepal, gilas.
  2. ~ Kemudian cetak pada cetakan pie diameter 5cm yang telah dipolesi mentega. Sisihkan.

Bahan isi Resep Pie Susu :
  • 8 butir kuning telur ayam
  • 400 ml dairy whipped cream
  • 1 sendok teh vanilla pasta
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat Pie Susu Bali :
  1. ~ Langkah awalnya sobat aduk whipped cream, susu kental manis, vanilla juga garam, sisihkan.
  2. ~ Lalu Kocok lepas kuning telur ayam, campurkan dengan adonan whipped cream. lalu Saring.
  3. ~ Kemudian tuangkan pada kulit pie susu. 
  4. ~ Selanjutnya sobat panggang kue di oven dengan suhu 180 derajat celsius sampai matang, keluarkan, beres kue Sederhana kita.

Sedikit Tips Kue Pie :

Perhatian...rendahkan suhu ovennua jika terlihat isi pie meletup-letup. Dengan demikian permukaan sudah kering.

Baca juga resep uli ketan tradisional

Nah kalau sobat dengan benar benar melaksanakan semua perintah diatas, dengan jumlah bahan yang sama, sobat akan mendapatkan Jadi 27 buah dengan cetakan ukuran diameter 5cm, cukup banya juga kan?, dijamin sobat suka dengan rasanya walaupun tanpa tambahan buah, coklat ataupun keju. Manis, gurih dan renyah hmm terbayang bukan?. demikianlah Resep Pie Susu Bali SEDERHANA ala NCC sudah habis sampai disini.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Uli Ketan Betawi BIKIN DIRUMAH

Resep Uli Ketan Betawi BIKIN DIRUMAH dengan mudah. Makanan yang sudah ada lama sekali dan enak, cara membuat masakan ini sangaaaat gampang, terbuat dari beras ketan, cuma perlu tenaga besar waktu mengolahnya nanti, hmm berani?.

ketan uli memang merupakan satu dari sekian banyak panganan khas Betawi yang masih lestari. Pembuatan ketan uli memiliki makna mendalam dalam budaya masyarakat Betawi, yaitu sebagai simbol kekeluargaan atau silaturahmi yang terjalin antarkeluarga. makanan ini banyak tersaji waktu perayaan keagamaan seperti Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha. Resep Uli Ketan Sudah turun temurun dan hasilnya biasanya juna goreng,

Resep Uli Ketan Betawi

Resep Uli Ketan Betawi

tapi banyak juga dimakan begitu saja atau diaduin dengan tape uli yang manis asem. Bahan pembuatan ketan uli adalah beras ketan putih, kelapa parut segar, dan garam. Cara Membuat Uli ketan memang sedikit ribet. Pertama, beras ketan dicuci sampai bersih, kemudian direndam dalam air bersih selama 2 sampai 6 jam dan dimasak hingga matang. Selanjutnya, pindahkan ketan selagi panas dalam wadah dan taburi kelapa, garam, aduk sampai rata.

Nih bisa diadu dengan resep tape ketan yang manis.

Kumpulkan bahan bahan ini :
  • 2 Kilogram beran Ketan putih, dicuci, rendam selama 2 jam
  • 1200 gram kelapa parut
  • 400 ml air santan kelapa
  • 3 sendok makan garam

Cara membuat Uli Ketan :
  1. ~ Langkah awalnya kukus beran ketan selama 20 menit hingga setengah matang. Angkat.
  2. ~ Lalu masukkan santan mendidih dan 2 sendok makan garam kedalam ketan, aduk-aduk rata.
  3. ~ Kemudian campurkan kelapa parut dengan 1 sendok garam dan masukkan kedalam adonan ketan, aduk merata.
  4. ~ Setelah itu kukuslah kembali beras ketan selama 30 menit hingga matang.
  5. ~ Selanjutnya sobat siapkan penumbuk yang telah dilapisi plastik.
  6. ~ Sesudah itu angkat 1/3 ketan, lalu tumbuk hingga halus. 
  7. ~ Sekarang ratakan diatas loyang yang telah dilapisi daun pisang. 
  8. ~ Dan bungkus dengan daun pisang. Sobat ulangi hingga semua adonan Uli ketan habis. Biarkan supaya dingin, beres Resep Uli Ketan Betawi Juna nih.
Baca juga resep keripik Singkong Enak.

Seperti yang terlihat diatas, Proses yang lumayan memeras keringat adalah saat menumbuk beras ketan selagi panas hingga ketan terlihat rada halus. Kalau sobat menginginkan uli ketan yang lebih lembut, Silahkan lanjutkan penumbukan sampai sangat halus. Setelah itu silahkan sobat mau santap pakai tape uli, di goreng kering ataupun dibakar dikasih serundeng, hmmm mantap deh. Juna akhiri ya Resep Uli Ketan Betawi yang di BIKIN DIRUMAH ini.

Lisnawati
Resep Juna
thumbnail

Resep Keripik Singkong PEDAS ASIN NICH

Resep Keripik Singkong PEDAS ASIN NICH tambah renyah pula. Ada tips triks khusus cara membuat makanan ini menjadi enak dan garing, juna yakin maicih, karuhun dan rasa gadung menggungakan rahasia ini supaya masakannya jadi laku dipasaran.

Keripik adalah makanan yang sudah top dari dulu, perasaan semua akan suka dengan menu kuliner keripik singkong yang termasuk kedalam katagori camilan ini, rasanya kriuk renyah garing saat di gigit belum lagi berasa pedas yang memang disukai orang indonesia, beberapa nama terkenal seperti milik maicih, rasa gadung dan karuhun adalah yang sudah sukses dipasaran, bagaimana resep keripik singkong mereka?. apa ada krikteria khusus singkong jenis apa yag harus dipilih?.

Resep Keripik Singkong PEDAS

Resep Keripik Singkong PEDAS

Pilihlah singkong muda umurnya antara 6 s/d 8 bulan. Di samping empuk, juga ada aromanya masih segar. Varietas singkong yang baik tuk membuat keripik Singkong adalah singkong mangu yang berukuran kecil berdiameter batang 4 – 5 cm ada juga Varietas gajah dengan diameter batang 8 cm. Nanti bawah ada lagi juna kasih beberpa tips, supaya hasilnya lebih maksimal.

Baca juga resep keripik Tempe Bandung yang renyah.

Kupulkan bahan bahan ini :
  • 1 kg singkong, dikupas, dicuci bersih 
  • 50 gram cabe rawit merah, dipotong-potong (boleh kurang / lebih)
  • 8 siung bawang putih, dihaluskan 
  • 10 butir bawang merah, dihaluskan 
  • 1 sendok teh lada bubuk 
  • 1 sendok teh bubuk ketumbar 
  • 1 sendok teh gula pasir 
  • 1 sendok teh vetsin (kalau suka)
  • 1 sendok teh bubuk cabe kering, berbumbu siap beli 
  • 1 sendok teh garam halus 
  • Secukupnya Minyak tuk menggoreng 

Perendam resep keripik Singkong :
  • 1 liter air 
  • 1 sendok makan garam
  • 1/4 sendok teh natrium bisulfit (Pemutih, boleh tidak pakai)

Cara Membuat Keripik singkong :
  1. ~ Langkah awalnya potong singkong menggunakan parutan keripik atau iris tipis menggunakan pisau tajam. Sisihkan.
  2. ~ Lalu larutkan air dengan garam, dan natrium bisulfit. Aduk rata. Masukkan irisan singkong. Aduk rata, rendam selama 30 menit, angkat. Bilas dengan air, tiriskan hingga kering. 
  3. ~ Selanjutnya panaskan minyak banyak, goreng singkong hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. 
  4. ~ Kemudian blender cabe potongan rawit dengan 60 ml air dan 50 ml minyak. Blender hingga lembut. 
  5. ~ Setelah itu panaskan 70 ml makan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan cabai rawit yang telah diblender. Masak sambil diaduk-aduk hingga cabai kering. Tambahkan gula pasir, aduk rata. 
  6. ~ Sekarang masukkan keripik singkong yang teah digoreng, lada bubuk, bubuk cabe berbumbu, dan vetsin. Masak sambil diaduk-aduk hingga bumbu meresap. Angkat. Dinginkan. Beres tuh sob resep keripik singkong enaknya.
Tips Keripik singkong Renyah :

Singkong segar yang sudah direndam, di keringkan, tapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Setelah singkong benar-benar kering, kita mempersiapkan dua penggorengan. Penggorengan yang pertama berisi minyak dengan suhu sedang. Penggorengan ini dipakai untuk menggoreng irisan singkong hanya sampai setengah matang. Sedangkan penggorengan kedua berisi minyak dengan suhu yang panas maksimal. Penggorengan kedua digunakan tuk menggoreng irisan singkong sampai matang.

Tips Keripik singkong Empuk :

rendam irisan singkong dengan air panas. Kita campur dengan soda kue (1 sendok teh per liter air). Kemudian, kita biarkan sampai dingin. Irisan singkong digoreng dengan api besar. Perbandingan terbaik untuk menggoreng antara minyak dan singkong adalah 3:1. Hasil pembuatan keripik bisa dibilang sempurna, jika pencampuran bumbu  dan singkong tidak tampak basah. Seandainya, keripik singkong terlihat basah, kita dapat menggunakan oven agar hasil keripik singkong jadi kering dan renyah. hanya saja pengovenan bisa mengubah rasa.

Tips Proses Resep Keripik Singkong yang harus diperhatikan :
  1. ~ Tuk memperoleh irisan singkong yang merata maka gunakan alat pemotong yang bisa diatur sesuai kebutuhan.
  2. ~ Selalu gunakan minyak goreng yang baru untuk menggoreng keripik agar rasanya sesuai dengan bahan yang digunakan dan keripik bersih, tidak tercemar makanan yang digoreng sebelumnnya.
  3. ~ Supaya keripik matang merata, goreng keripik dalam minyak panas dan banyak, serta jangan memasukkan adonan terlalu banyak kedalam gorengan.
  4. ~ Tuk menghindari keripik singkong lengket satu sama lain, masukkan 1 per 1 waktu minyak goreng benar-benar telah panas.
  5. ~ Supaya tidak banyak minyak pada keripik singkong, setelah ditiriskan letakkan diatas loyang atau baki beralaskan kertas merang atau tisu agar minyak terserap. Dapat juga menggunakan alat pengering minyak atau spinner sehingga kadar minyak dapat dikurangi pada keripik singkong.
  6. ~ Supaya keripik renyah dan tahan lama masukkan keripik dalam wadah kedap udara dan masukkan dalam keadaan dingin. Pastikan ada toples ditutup atau makanan yang didalamnnya benar-benar dingin dan tidak menimbulkan uap atau embun yang bisa menyebabkan jamur. Kalau mengemas keripik singkong dengan menggunakan plastik, pastikan ketebalan plastik cukup kokoh dan saat di sealer plastik benar-benar rapat.
Artikel sebelumnya resep soto kudus yang gurih

Demikian Resep Keripik Singkong PEDAS ASIN NICH ini, cukup untuk Untuk 800 gram loh.

Lisnawati
Resep Juna
Free blog counters