Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Cara Membuat Kue Mangkok Mekar

Resep Kue Mangkok Mekar PISAN nih. Terbuat dari Tepung beras + tape berbentuk mangkuk diatasnya pecah mekar seperti bunga berasa manis dan disukai semua masyarakat indonesia sebagai camilan atau jajanan.

Dulu sering nemuin di warung-warung, sekarang memang sudah sulit, paling kalau dari acara undangan khitanan, pernikahan ala kampung sering dapat kue empuk ini. Sebanarnya menurut juna cake manis legit ini dapat sobat bikin dengan bahan yang sangat mudah dicari juga dengan harga murah. Juna pun siapkan nih resep kue mangkok yang praktis cocok untuk pemula yang lagi belajar buat kue basah tradisional. dinamakan seperti ini kenapa?, karena makanan ini saat proses kukus menggunakan dandang dalam sebuah cetakan berbentuk mangkok, dan yang cantik itu harus selalu mekar serta lembut layaknya kapas, itu baru sempurna, spesial dan istimewa.

Resep Kue Mangkok Mekar

Resep Kue Mangkok bentuk Mekar

Nah untuk memberikan lebih kesan menantang, biasanya juna kasih kue basah ini warna yang lucu, merah muda, atau hijau muda, ungu muda. Dengan cita rasa manis (gula pasir), sedikit asam (tape) namun tidak legit banget bikin lidah kita nyaman saat menyantapnya. Sobat tertantang untuk mencoba resep kue mangkok tepung beras ini?, juna persilahkan sobat tuk lanjut.

Baca juga resep kue klepon basah gula merah didalam

Kumpulkan bahan bahan kue mangkok :
  • 350 gram tepung beras
  • 60 gram terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 250 gram tape
  • 600ml air hangat
  • 2 sendok teh baking powder
  • Secukupnya pewarna makanan / pasta (hijau,merah,kuning)
Cara Membuat Kue Mangkok yang mekar :
  1. ~ Langkah awalnya uleni tepung beras, terigu, tape, gula, baking, kasih air sedikit demi sedikit hingga tercampur semua secara merata (sekitar 15-20 menit).
  2. ~ Selanjutnya beri warna si adonan sesuai selera, kalau ingin aroma wangi, kasih pasta pandan.
  3. ~ Kemudian istirahatkan selama 30 menitan.
  4. ~ Lalu panaskan Air dikukusan dan simpan cetakan bentuk mangkok diatasnya, jika cetakan sudah terasa panas, tuangi adonan kue mangkok.
  5. ~ Sesekali bisa diperiksa apakah sudah matang atau belum, kalau matang, angkat, beres deh tuh memasak kue mangkok sobat dipraktekan.
Juna punya juga resep kue lapis tepung beras lengket nih.

Sangat mudah bukan?, bagi pemula chef bagus banget dijadikan latihan memasak kue mangkok, karena pembuatan kue basah dari tepung beras ini sangat praktis, kemungkinan gagalnya 0%, hasil akan empuk lembut seperti kapas, rasa manis dan asem tape terasa pas, memang akan berbeda dengan yang menggunakan gula merah. Oke sobat, tak panjang lebar lagi deh resep kue mangkok tepung beras sudah dilaksanakan.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Cara Membuat Kue Mangkok Mekar