Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Ketupat Lebaran CantikNYA

Resep Ketupat Lebaran Cantik rapi. idul fitri adalah saatnya bikin kupat, ikutin cara membuat yang mudah cocok untuk opor, semur, sayur biasa sangat enak, kenyal dan pas berisi.

Ketupat memang identik dengan hari raya idul fitri aau lebaran, biasanya dimakan dengan kuah semur, atau sayur lainnya. hanya saja yang agak sulit ialah membuat anyaman dari daun kelapa / janur. memang banyak sekali bentuk yang bisa dibuat dari daun kelapa ini, namun yang biasa kita jumpai adalah bentuk kotak bisa. Tapi kalau sobat ingin resep lontong daun pisang, juna pun punya nih.

Resep Ketupat Lebaran
Resep Ketupat Lebaran

Nah disini juna ingin memberikan sedikit arahan hanya untuk beras isiannya saja, disini akan ditunjukan pemilihan beras, cara mengisi, cara memasak dan lain-lain, ok sobat juna sepertinya tidak ada lagi yang harus diceritakan disini mengenai cara membuat ketupat lebaran, semuanya hampir sama, cek saja dibawah semua bahan sederhana yang harus ada.

Kumpulkan bahan bahan ini :
  • 12 buah anyaman ketupat daun janur yang sudah jadi
  • 1/2 kg / 500 gram beras
  • secukupnya air bersih

Cara Membuat Ketupat Lebaran :
  1. ~ Langkah awal cucilah beras dengan air bersih, lalu rendam selama 2 jam lalu tiriskan.
  2. ~ Lalu masukkan beras ke dalam anyaman janur hingga 2/3 bagian bungkus ketupat, lalu tutup dengan baik dan rapatkan.
  3. ~ Kemudian masak ketupat mentah tadi di air mendidih dalam kondisi harus terendam air mendidih selalu, selama 4 sampai 6 jam sampai matang. 
  4. ~ Selama memasak ketupat, tambahkan air jika menyusut atau berkurang.
  5. ~ Selanjutnya setelah matang, angkat, tiriskan dan letakkan di tempat yang kering, sebaiknya digantung, tunggu sampai dingin.
nasipun bisa dibuat resep bubur ayam cianjur yang tersohor itu.

Catatan :

- Ketupat tahan selama 2 sampai 3 hari jika disimpan dengan baik / dimasukkan ke dalam lemari es.
- Selalu gunakan anyaman janur kelapa yang rapat dan bagus kondisinya supaya tak timbul noda coklat pada ketupat.
- Kalau anda tidak bisa atau tidak bagus dalam menganyam Kulit bungkus ketupat, lebih baik beli saja, tinggal pilih yang bagus.

Belah ketupat kalau anda butuh untuk dicampurkan dengan sayur, opor atau semur, ataupun hanya dengan sambal goreng kentang yang pedas. hmm nikmatnya, so jangan lupakan Resep Ketupat Lebaran Cantik ini apalagi kalau sudah dekat dengan idul fitri.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Ketupat Lebaran CantikNYA