Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Lontong Daun Pisang / PLASTIK

Resep Lontong Daun Pisang / PLASTIK yang mudah. Juna boleh ya mau beberin cara membuat atau membungkus lontongnya supaya cantik padat tapi gak keras, pokoknya pas deh.

masakan berbahan nasi ini sebenarnya gak asing lagi bagi pecinta sate, coba perhatikan pasti tersedia sebagai temannya, malah bisa dibilang satu paket, walaupun kita bisa saja tidak memasannya. pernahkah terbersit dipikiran kita untuk memasak lontong daun pisang / plastik sendiri?. mungkin tidak ya, namun kalau lihat resep lontong sayur padang, kayaknya terpaks mesti buat tuh.

Resep Lontong Daun Pisang PLASTIK

tapi ketika lebaran tiba banyak sekali yang berlomba-lomba mau tidak mau harus bikin sendiri, walaupun kita beli diluaran, namun lebih puas untuk mengolahnya sendiri. Nah disini juna kasih tahu cara membuat lontong daun pisang atau plastik, jadinya lebih simpel dengan hasil maksimal.

Kumpulkan bahan-bahan ini :
  • secukupnya selongsongan daun pisang / katong plastik
  • secukupnya lidi bersih
  • secukupnya air bersih 
  • 0.5 kg / 500 gram beras

Cara membuat lontong daun pisang / plastik :
  1. ~ Langkah awal bentuklah daun pisang jadi berbentuk bulat lonjong panjang dengan diameter kira kira 4 cm, bagian daun yang licin menghadap ke luar.
  2. ~ kemudian sematkan salah satu ujung selongsongan daun pisang dengan potongan lidi supaya terkunci rapat. Ujung yang satunya tuk memasukkan beras.
  3. ~ Lalu Cucilah beras dengan air bersih.
  4. ~ Lalu masukkan beras ke dalam panci berisi air bersih sampai permukaan air lebih satu ruas jari dari permukaan beras.
  5. ~ Selanjutnya masak beras tersebut dengan api sedang sekitar 10 sampai 15 menit sampai jadi aron, lalu angkat.
  6. ~ Masukkan aronan beras tadi 3 atau 4 sendok makan ke dalam daun pisang yang telah dibentuk tadi, lalu sematkan ujung yang terbuka dengan potongan lidi bersih.
  7. ~ Isi air sebanyak ke panci panjang sebanyak setengah panci lalu didihkan airnya.
  8. ~ Masukkan longsongan lontong yang telah diisi aronan ke panci besar secara vertikal dan masak selama 1,5 s/d 2 jam. Lontong selama dimasak harus terus terendam air, tambahkan bila kurang selama dimasak.
  9. ~ Setelah matang angkat dan letakkan di tempat kering, dinginkan.
Sedangkan kalau menggunakan plastik, hanya melanjutkan saja, masukan aronan kedalam kantong plastik, lau berilah lobang dengan cara menusuk-nusuk, isi setengah saja. kemudian lakukan selanjutnya seperti yang ada diatas yaitu memasaknya didalam panci.

Nih ada resep bubur ayam cianjur yang boleh dipraktekan.

Demikian cara bikin lontong yang mudah dan praktis tanpa bahan-bahan aneh, sehingga anda bisa dengan santai membuatnya. ok nampaknya juna sudah selesai mengupas Resep Lontong Daun Pisang / PLASTIK ini.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Lontong Daun Pisang / PLASTIK