Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Keripik Singkong PEDAS ASIN PRAKTIS

Resep Keripik Singkong PEDAS ASIN NICH tambah renyah pula. Ada tips triks khusus cara membuat makanan ini menjadi enak dan garing, juna yakin maicih, karuhun dan rasa gadung menggungakan rahasia ini supaya masakannya jadi laku dipasaran.

Keripik adalah makanan yang sudah top dari dulu, perasaan semua akan suka dengan menu kuliner keripik singkong yang termasuk kedalam katagori camilan ini, rasanya kriuk renyah garing saat di gigit belum lagi berasa pedas yang memang disukai orang indonesia, beberapa nama terkenal seperti milik maicih, rasa gadung dan karuhun adalah yang sudah sukses dipasaran, bagaimana resep keripik singkong mereka?. apa ada krikteria khusus singkong jenis apa yag harus dipilih?.

Resep Keripik Singkong PEDAS

Resep Keripik Singkong PEDAS

Pilihlah singkong muda umurnya antara 6 s/d 8 bulan. Di samping empuk, juga ada aromanya masih segar. Varietas singkong yang baik tuk membuat keripik Singkong adalah singkong mangu yang berukuran kecil berdiameter batang 4 – 5 cm ada juga Varietas gajah dengan diameter batang 8 cm. Nanti bawah ada lagi juna kasih beberpa tips, supaya hasilnya lebih maksimal.

Baca juga resep keripik Tempe Bandung yang renyah.

Kupulkan bahan bahan ini :
  • 1 kg singkong, dikupas, dicuci bersih 
  • 50 gram cabe rawit merah, dipotong-potong (boleh kurang / lebih)
  • 8 siung bawang putih, dihaluskan 
  • 10 butir bawang merah, dihaluskan 
  • 1 sendok teh lada bubuk 
  • 1 sendok teh bubuk ketumbar 
  • 1 sendok teh gula pasir 
  • 1 sendok teh vetsin (kalau suka)
  • 1 sendok teh bubuk cabe kering, berbumbu siap beli 
  • 1 sendok teh garam halus 
  • Secukupnya Minyak tuk menggoreng 

Perendam resep keripik Singkong :
  • 1 liter air 
  • 1 sendok makan garam
  • 1/4 sendok teh natrium bisulfit (Pemutih, boleh tidak pakai)

Cara Membuat Keripik singkong :
  1. ~ Langkah awalnya potong singkong menggunakan parutan keripik atau iris tipis menggunakan pisau tajam. Sisihkan.
  2. ~ Lalu larutkan air dengan garam, dan natrium bisulfit. Aduk rata. Masukkan irisan singkong. Aduk rata, rendam selama 30 menit, angkat. Bilas dengan air, tiriskan hingga kering. 
  3. ~ Selanjutnya panaskan minyak banyak, goreng singkong hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. 
  4. ~ Kemudian blender cabe potongan rawit dengan 60 ml air dan 50 ml minyak. Blender hingga lembut. 
  5. ~ Setelah itu panaskan 70 ml makan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan cabai rawit yang telah diblender. Masak sambil diaduk-aduk hingga cabai kering. Tambahkan gula pasir, aduk rata. 
  6. ~ Sekarang masukkan keripik singkong yang teah digoreng, lada bubuk, bubuk cabe berbumbu, dan vetsin. Masak sambil diaduk-aduk hingga bumbu meresap. Angkat. Dinginkan. Beres tuh sob resep keripik singkong enaknya.
Tips Keripik singkong Renyah :

Singkong segar yang sudah direndam, di keringkan, tapi tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Setelah singkong benar-benar kering, kita mempersiapkan dua penggorengan. Penggorengan yang pertama berisi minyak dengan suhu sedang. Penggorengan ini dipakai untuk menggoreng irisan singkong hanya sampai setengah matang. Sedangkan penggorengan kedua berisi minyak dengan suhu yang panas maksimal. Penggorengan kedua digunakan tuk menggoreng irisan singkong sampai matang.

Tips Keripik singkong Empuk :

rendam irisan singkong dengan air panas. Kita campur dengan soda kue (1 sendok teh per liter air). Kemudian, kita biarkan sampai dingin. Irisan singkong digoreng dengan api besar. Perbandingan terbaik untuk menggoreng antara minyak dan singkong adalah 3:1. Hasil pembuatan keripik bisa dibilang sempurna, jika pencampuran bumbu  dan singkong tidak tampak basah. Seandainya, keripik singkong terlihat basah, kita dapat menggunakan oven agar hasil keripik singkong jadi kering dan renyah. hanya saja pengovenan bisa mengubah rasa.

Tips Proses Resep Keripik Singkong yang harus diperhatikan :
  1. ~ Tuk memperoleh irisan singkong yang merata maka gunakan alat pemotong yang bisa diatur sesuai kebutuhan.
  2. ~ Selalu gunakan minyak goreng yang baru untuk menggoreng keripik agar rasanya sesuai dengan bahan yang digunakan dan keripik bersih, tidak tercemar makanan yang digoreng sebelumnnya.
  3. ~ Supaya keripik matang merata, goreng keripik dalam minyak panas dan banyak, serta jangan memasukkan adonan terlalu banyak kedalam gorengan.
  4. ~ Tuk menghindari keripik singkong lengket satu sama lain, masukkan 1 per 1 waktu minyak goreng benar-benar telah panas.
  5. ~ Supaya tidak banyak minyak pada keripik singkong, setelah ditiriskan letakkan diatas loyang atau baki beralaskan kertas merang atau tisu agar minyak terserap. Dapat juga menggunakan alat pengering minyak atau spinner sehingga kadar minyak dapat dikurangi pada keripik singkong.
  6. ~ Supaya keripik renyah dan tahan lama masukkan keripik dalam wadah kedap udara dan masukkan dalam keadaan dingin. Pastikan ada toples ditutup atau makanan yang didalamnnya benar-benar dingin dan tidak menimbulkan uap atau embun yang bisa menyebabkan jamur. Kalau mengemas keripik singkong dengan menggunakan plastik, pastikan ketebalan plastik cukup kokoh dan saat di sealer plastik benar-benar rapat.
Artikel sebelumnya resep soto kudus yang gurih

Demikian Resep Keripik Singkong PEDAS ASIN NICH ini, cukup untuk Untuk 800 gram loh.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Keripik Singkong PEDAS ASIN PRAKTIS