Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Roti Manis Empuk Ekonomis mis

Resep Roti Manis Empuk Ekonomis sip pokoknya. Jangan pernah puas dengan makanan ini, kalau memasak gak lembut bearti kurang paham dengan cara membuat nya, coba lagi dengan pelan-pelan supaya hasilnya lebih enak dan sempurna.

Resep ini hasilnya lebih lembut dari biasanya. di cara pengolah asli ada penambahan baking powder, emulsifier dan bread improver untuk menghasilkan roti manis yang lembut banget. tapi disini cuma menggunakan baking powder.

Resep Roti Manis Empuk

Resep Roti Manis Empuk Ekonomis

ingat proses menguleni adonan harus benar-benar kalis. cirinya bila dipipihkan dan dilebarkan perlahan-pelan adonan menjadi transparan tapi tak putus. biasanya dibutuhkan minimal 30 menit untuk menguleni manual supaya hasil roti menjadi lembut. Saran juna jangan tambahkan terigu diluar takaran Resep Roti Manis empuk. terus uleni dan gunakan scraper supaya benar-benar kalis. menguleninya diatas meja atau permukaan yang datar, karena akan memudahkan proses menguleni, lihat juga nih resep donat dunkin nah berikut cara membuat Roti Manis Empuk Ekonomis yang saya janjikan.

Kumpulkan Bahan resep roti manis ini :
  • 550 gram terigu protein tinggi
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram mentega
  • 4 butir kuning telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 bungkus ragi
  • 250 ml susu cair / air

Bahan tuk olesan resep roti manis :
  • 1 butir kuning telur + 1 sendok makan susu cair
  • Mentega cair untuk olesan setelah roti matang secukupnya

Cara membuat roti manis empuk ekonomis :
  1. ~ Langkah awal jika menggunakan active dried yeast, maka yeast perlu diaktifkan dengan cara: hangatkan susu hingga suam kuku, masukkan 1sdm gula pasir, lalu masukkan yeast. Aduk rata. Diamkan sekitar 5 menit hingga berbusa. Bila menggunakan ragi instant seperti fermipan, langsung campur dengan bahan lainnya*
  2. ~ Nah Setelah yeast siap digunakan, dalam wadah bersih, kocok lepas telur juga gula pasir hingga tercampur rata.
  3. ~ Lalu masukkan 500 gram terigu (sisakan 50 gram untuk proses menguleni), garam dan baking powder. so Aduk sampai semua tercampur dan adonan mulai menggumpal. Lalu masukkan mentega, dan mulai uleni adonan.
  4. ~ Selanjutnya pindahkan adonan keatas meja kerja. Taburi sedikit dengan terigu, lalu mulai uleni. Bila diperlukan, taburi dengan sedikit demi sedikit. Bila adonan lengket dimeja, keruk dengan bantuan apapun yang memiliki sisi yang rata, dan lanjutkan menguleni hingga kalis juga elastis.
  5. ~ Setelah adonan roti selesai, bulatkan adonan dan taruh dalam wadah yang berukuran lebih besar dari adonan dan telah dioles tipis minyak sayur. Tutup menggunakan plastic wrap atau kain dan letakkan ditempat hangat hingga adonan mengembang 2x lipat ukuran semula.
  6. ~ Kemudian Setelah adonan roti manis didiamkan dan mengembang, keluarkan dari wadah. Uleni sebentar tuk mengeluarkan udara dari adonan. Lalu bagi-bagi sesuai selera (misal 16 bagian). Bulatkan, pipihkan, isi menurut selera, lalu bulatkan kembali.
  7. ~ Kalau ingin individual bread, susun dalam loyang yang telah dialas baking paper dengan jarak sekitar 3 cm dari masing-masing roti. Lalu tutup dengan kain atau plastic wrap, diamkan kembali hingga mengembang sekitar 30 menit.
  8. ~ Lalu panaskan oven disuhu 180 derajat C. Setelah oven panas, oles permukaan roti dengan campuran telur juga susu. Lalu panggang sekitar 20 menit hingga permukaan roti matang.
  9. ~ Kalau sudah matang, keluarkan dari oven. olesi dengan mentega cair agar roti manis terlihat mengkilat. beres.
Isian resep Roti Manis :
  • 100 gram kelapa kering
  • 75 gram gula pasir
  • 50 gram mentega
  • 1 tetes pasta pandan
~ Caranya aduk rata semua bahan diatas, bulat-bulatkan. Lalu simpan didalam lemari es sampai diperlukan untuk resep roti manis berikutnya.

Simpanlah roti manis dalam plastik agar tekstur lembut tetap terjaga. jika ingin disimpan keesokan harinya dan ingin menikmati roti seperti fresh saat baru selesai dipanggang, cukup memanaskan roti sebentar didalam microwave selama 30 second atau juga bisa dikukus sebentar hingga hangat.
oh iya ada resep semur telur tuh kalau lagi butuh.
Kalau merasa belum bisa, coba baca berulang-ulang atau ikuti langkah diatas dengan pelan-pelan supaya semuanya lancar dan tidak ada langkah yang terlewatkan. semoga tak ada kesulitan ya di Resep Roti Manis Empuk Ekonomis ini.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Roti Manis Empuk Ekonomis mis