Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Kue Bingka Kukus Bahan Kentang

Resep Kue Bingka Kukus Bahan Kentang khas dari banjar kalimantan asli tuhh. Beneran, bingung juga bukannya ini kue lumpur?, lain ternyata, coba lihat cara membuat dan bahan yang dipakai di olahan ini, rada beda.

Yang harus digaris bawahi pertama kali adalah cetakan kue yang harus anda sediakan, syukur-syukur kalau sudah ada bekas cetakan kue lumpur, jadi gak usah beli lagi. nah bahan yang utama dari bingka ini tentu saja kentang sebagai bahan utamanya,

Resep Kue Bingka Kukus


kemudian telur ayam, gula dan santan sebagai pemberi rasa gurih. walau ditambah sedikit tepung terigu sebagai pengikatnya, sebaiknya kentang dibikin (rebus) empuk banget supaya gampang ketika dibuat adonan bingka, pengolahan kue bingka yang terkenal pun demikian menganjurkannya.

Menurut Juna, Tingkat keberhasilannya akan tinggi (menjadi sempurna) kalau anda menggunakan blender untuk menghancurkan buah kentang. oh iya, sebenarnya darimana sih datangnya kue basah bingka ini?, ternyata dari banjarmasin kalimantan, Di Resep Kue Bingka ini hasil teksturnya lembut bak kue lumpur yang sudah terkenal kemana-mana, kalau dibanding resep kue nastar bagaimana?, tapi eit di tempat asalnya makanan tradional bingka ini bak pangeran, artinya pada suka dan hampr menjadi ikon kota tersebut, malahan kalau datang bulan suci ramadhan, akan banyak sekali diproduksi si bingka secara masal, baik untuk buka puasa maupun oleh-oleh bagi yang berkunjung ke kota tersebut. oklah Juna dah siap nih kasih cara membuat kue bingka kentang untuk semua.


Kumpulkan Bahan bahan Resep Kue Bingka ini :
  • 250 gram kentang yang sudah direbus, dikupas dan dilunakkan
  • 75 gram tepung terigu
  • 1 liter / 1000 ml liter santan kelapa
  • 3 buah telur ayam
  • 250 gram gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Bingka Kentang Kalimantan :
  1. ~ Langkah awalnya, santan kelapa direbus di api kecil bersama dengan garam, daun pandan dan vanili hingga mendidih, angkat.
  2. ~ Lalu saring dan dinginkan. diusahakan sekitar 600 ml santan kelapanya.
  3. ~ Kemudian kocoklah Gula pasir dan telur ayam sampai setengah mengembang.
  4. ~ Selanjutnya masukkan kentang Lunaknya, disusul tepung terigu, lalu diaduk-aduk sampai merata betul.
  5. ~ Sekarang, ambil wadah yang berisi air santan, lalu campurkan ke campuran telur dan kentang tadi, aduk aduk sampai rata.
  6. ~ Langkah selanjutnya, siapkan cetakan kue bingka, alasi kertas roti, olesi mentega.
  7. ~ Kemudian tuang adonan di cetakan, lakukan sampai habis.
  8. ~ Kalau Proses Panggang : masukkan ke oven dan panggang di suhu 180C selama 45 menit. (hasilnya akan agak kering)
  9. ~ Kalau Proses Kukus : Sediakan dandang yang sudah diisi air, lalu panaskan, simpan, cetakan di dalamnya, kukus sampai matang. (hasilnya akan agak basah). beres juga Resep Kue Bingka kukus juna.
Cukup sederhana kok masakan kue bingka khas banjarmasin kalimantan ini, kalau sudah berhasil, pasti ingin lagi bikin, seperti resep kue kastengel juga, sebagai camilan di rumah saat santai bersama keluarga sambil nonton TV ataupun duduk di teras rumah. Dari Resep Kue Bingka ini sobat dapatkan Tekstur lembut, rasa manis gurih, gak jauh kue lumpur, iya gak?, jangan-jangan beda nama karena beda daerah, atau malah di ganti nama?, ya terserah deh, yang penting Juna tahu bahwa kemungkinan besar yang nyebar di ibukota dan sekitarnya itu bisa jadi cake ini dengan Resep Kue Bingka Kukus Bahan Kentang yang sudah juna sebarkan ini.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Kue Bingka Kukus Bahan Kentang