Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Tape Ketan Hijau Manis LEGIT

Resep Tape Ketan Hijau Manis LEGIT. Sebentar lagi lebaran, harusnya sobat harus sudah tau cara membuat makanan ini, terbuat dari beras ketan yang diolah sedemikian rupa menjadi sebuah makanan yang enak dan lezat.

Tahukah sobat, bahwa Tape adalah makanan basah yang terbuat dari beras ataupun singkong, melalui proses fermentasi menggunakan ragi. Disini juna akan membahas Salah satu jenis saja, yaitu tape ketan merupakan penganan tradisional Indonesia sudah terkenal sejak dulu terutama didaerah betawi. Nah dalam resep tape ketan juna sengaja memilih warna hijau karena lebih menggiurkan, walapun dari segi rasa tidak ada bedanya dari warna hitam, putih, semuanya sama ; asam manis lezat.

Resep Tape Ketan Hijau

Resep Tape Ketan Hijau

Perlu diketahui rasa manis tape ketan bukan karena gula tapi dari glukosa yang terkandung dalam beras ketan itu sendiri, Sungguh suatu ciptaan yang luar biasa dari nenek moyang kita sehingga kita sekarang bisa menikmatinya. Inilah cara membuat tape ketan warna hijau kesenangan dari juna.

Kamipun punya resep bolu tape singkong enak.

Kumpulkan bahan bahan ini :
  • 500 gram beras ketan, cuci bersih
  • 3 butir ragi tape
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan pasta pandan
  • 400 ml air
  • 1 liter air bersih (untuk rendaman)
Cara membuat tape Ketan Hijau :
  1. ~ Langkah awalnya rendam beras ketan dalam campuran satu liter air dan pasta pandan semalaman. Tiriskan. Kemudian kukus sampai panas mengepul.
  2. ~ Lalu sementara itu didihkan 400 ml air, siram-siram kedalam ketan Kukus yang masih panas, aduk-aduk rata. Sekarang kukus lagi selama 15 menit, angkat, dinginkan sampai betul betul dingin. 
  3. ~ Sekarang sobat haluskan ragi tape.
  4. ~ Selanjutnya susun ketan hijau di dalam wadah, lalu taburi ragi tipis-tipis, dan taburi gula kastor, timpa lagi dengan ketan, taburi lagi dengan ragi dan gula. Tutup rapat, biarkan selama 3 harian.
Tips Resep Tape Ketan :

~ Perhatikan ; Penggunaan ragi yang terlalu banyak akan membuat tape terasa pengar.
~ Penggunaan ragi terlampau sekikit pula dapat membuat rasa tape tidak manis dan terasa keras.
~ Penggunaan ragi harus memperhatikan jumlah bahan beras ketan.
~ Jenis ragi yang digunakan berpengaruh terhadap kualitas tape ketan.
~ Biasanya proses fermentasi membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari.

Baca juga resep obi bola manis

Itulah sedikit tips dari juna supaya hasil tape ketan yang sobat dapatkan menjadi sempurna, perlu latihan untuk bisa mendapatkan yang enak manis, untuk itu lakukan dari sekarang karena sebentar lagi akan menghadapi hari idul fitri, sekali lagi soal warna putih atau hitam tidak masalah. baik sobat juna setia begitu saja Resep Tape Ketan Hijau Manis semoga membantu.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Tape Ketan Hijau Manis LEGIT