Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Semur Jengkol Betawi SPESIAL KITA

Resep Semur Jengkol Betawi SPESIAL KITA punya. Juna mau makan bahan makanan ini kalau dibikin semur dan cara membuatnya harus seperti ini, kalau gak, kurang mantap tuh dan gak suka yang masih mentah jadinya enek juga terlalu bau.

Kalau Juna teliti nih, sedikit sekali orang yang suka dengan Semur jengkol, karena efek baunya, padahal rasanya enak banget, Oh iya juna sendiri suka dengan jengkol kalau dibikin semur, selain itu no way. Mau dibikin lalap atau apalah. ternyata resep semur jengkol ini banyak sekali modelnya, ada semur khas sunda, padang dan betawi, kemudian ada juga yang sengaja dibuat pedas banget, Nah kalau juna punya ini khas jakarta nih.

Resep Semur Jengkol Betawi

Resep Semur Jengkol Betawi

eh terus terang saja nih juna gak tau perbedaan antara ketiganya, yang pasti pakai bahan utama jengkol, kecap manis iya gak?. Tapi juna suka banget yang punya bumbu rempahnya itu tebel jadi sedap banget tuh, memasak masakan khas tradisional ini cukup mudah, seperti inilah cara membuat semur jengkol yang enak.

Baca juga nih ada Resep Rendang Jengkol mantap juga

Kumpulkan bahan bahan semur :
  • 1/4 kg Jengkol (sudah tua)
  • 5 lembar daun jambu biji
  • secukupnya Kecap manis 
  • secukupnya penyedap rasa (kalau suka)
  • secukupnya Garam

Haluskan bumbu Semur Jengkol :
  • 3 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 sendok teh lada
  • 3 buah kemiri

Cara membuat semur jengkol :
  1. ~ Langkah awalnya belah dua jengkol, lalu rebuslah bersama daun jambu biji hingga matang. 
  2. ~ Lalu buanglah air rebusannya, cuci bersih jengkol yang telah direbus. Kemudian keprek sedikit jengkol sampai sedikit pipih.
  3. ~ Kemudian tumislah bumbu halus sampai harum, dan masukan jengkol, tuangi 250 ml air, beri kecap, rebus kembali sampai airnya menyusut. 
  4. ~ Selanjutnya kasih garam dan penyedap rasa, cicipi, kalau ada yang kurang, tambahkan saja. angkat, beres nih.

Sedikit tips resep semur jengkol supaya tidak terlalu bau :

  1. ~ Disini juna sudah kasih Daun jambu biji, berguna untuk meredam sedikit bau.
  2. ~ Sewaktu merebus, Kalau rajin, bisa juga air rebusan jengkol ini dibuang beberapa kali. sobat rebus, buang, rebus, buang. supaya bau khasnya lebih minim lagi.

Sebelumnya ada resep tongseng kambing lezat.

Sobat bisa sajikan masakan semur jengkol khas ini  dengan taburan bawang goreng yang wangi renyah, pasti nikmat dengan nasi hangat yang pulen wangi, hmmm enak banget dan spesial deh. nah sobat juna yang setia diblog ini, semoga berhasil deh ketika mencoba Resep Semur Jengkol Betawi SPESIAL KITE ini.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Semur Jengkol Betawi SPESIAL KITA