Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang

Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang Asli nih - Makanan berbahan ikan  dicampur tepung sagu ini cukup uik dengan isi pepaya muda, bagi penyukanya akan terus ketagihan, yuk bikin sendiri saja dari pada beli harus keluar uang banyak juga sangat jarang ditemui.

Pelu diketahui empek-empek sudah menyebar bak virus ke perbagai belahan sudut indonesia, siapa yang gak kenal dengan namaya pempek palembang, dari restoran besar sampai kedai kecil dan penjual keliling sudha banyang berkeliaran menjualnya, dan hampir semua mengklaim bahwa buatannya adalah pempek palembang asli. Nah kali ini kami akan memperkenalkan pempek pistel, jenis ini cukup unik dan terbilang "aneh",

Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang

Resep Pempek Pistel

bukannya berisi telur seperti pempek kapal selam yang cukup populer, tapi dia berisi pepaya muda yang sebelumnya sudah diiris-iris kecil atau di parut sekalian lalu ditumis dengan bumbu bumbu khusus, sedangkan bahan dasarnya hampir sama dengan empek-empek biasa yang menggunakan ikan tidak seperti pempek dos yang tidak menggunakan ikan. Oh ya ada beberapa jenis pempek palembang asli loh, seperti dibilang diatas tadi, kemudian lenjer, kulit, lenggang, keriting, hmm apalagi ya.


Nah dibawah inipun kami sajikan cara membuat cuko / cuka asli yang pedas, supaya lebih afdol dan mantap rasanya dan jangan lupa irisan mentimun sediakan sebelumnya ya, terus mie kuning juga agar lengkap juga terasa bahwa kita sedang menyantap suguhan pempek palembang asli. Ok yuk lihat Cara Membuat Pempek Pistel Palembang dibawah ini.


Bahan A :

125 gr tepung terigu
250 Ml Air
2 sendok teh garam halus
4 Siung bawang putih
Kaldu ayam bubuk seperlunya (Saya tak gunakan)


Bahan B :

2 butir telur
300 gr tepung sagu (seperlunya hingga dapat dibuat)


Resep Tumis Pepaya :

250 gr pepaya muda, diparut
1 Sdm ebi, rendam sebentar air panas
1/2 sdt ketumbar
1 siung bawang putih
garam secukupnya
1 sdm minyak

Langkah cara membuat Tumis Pepaya :

Panaskan minyak goreng, masukkan bumbu halus. Tumis sampai harum. Masukkan pepaya serta tutup sebentar. masak sampai matang

Langkah Cara Membuat Pempek Pistel Palembang :

1. Didihkan air dengan garam serta bawang putih, sesudah mendidih masukkan tepung terigu serta aduk dengan cepat. Dinginkan
2. Kocok terlepas 2 butir telur, masukkan adonan terigu aduk hingga rata serta tak menggumpal (bila butuh dapat pakai mixer dengan kecepatan rendah)
3. Campur sagu sampai adonan kalis serta dapat dipulung. bentuk bulat lantas pipihkan, isi dengan tumisan pepaya. Bentuk seperti pastel.
4. Panaskan air sampai mendidih, rebus pempek sampai mengapung. Goreng bila akan dikonsumsi. beres Resep Pempek Pistel sob.


Resep Cuka Pempek

250 gr gula merah, disisir
50 gr asam jawa
750 ml air
5 siung bawang putih, cincang halus
2 sendok makan ebi dihaluskan
20 buah cabai rawit, dihaluskan
1 sendok makan tongcai, cincang halus (saya tak gunakan)
1 sendok teh garam

Langkah cara membuat Cuko / cuka :

Didihkan gula merah, asam jawa, air, serta cuka lantas saring.
Masukkan bawang putih, ebi, cabai rawit, garam, serta tongcai.
Didihkan kembali lantas angkat.

Nah cukup mudah Resep Pempek Pistel ini?. ternyata Dari satu adonan pempek palembang asli, terdapat beberapa makanan yang dapat dihasilkan, tergantung baik pada komposisi ataupun sistem pemrosesan akhir serta pola penyajian. Salah satunya yaitu Laksan, Tekwan, Jenis, serta Celimpungan. Laksan serta celimpungan di sajikan dalam kuah yang memiliki kandungan santan ; sedang jenis serta tekwan di sajikan dalam kuah yang memiliki kandungan kuping gajah, kepala udang, bengkuang, dan ditaburi irisan daun bawang, seledri, serta bawang goreng serta bumbu yang lain. Varian baru juga telah mulai di buat orang, umpamanya saja kreasi Pempek keju, pempek baso sapi, pempek sosis dan pempek lenggang keju yang dipanggang di wajan anti lengket, dan saat ini warga Palembang juga bikin pempek dengan bahan basic terigu serta nasi juga sebagai pengganti ikan.

Nah seperti cukup sudah pembahasan Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang dari kami, semoga menjadi inspirasi anda.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Cara Membuat Pempek Pistel Palembang