Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Pempek Keriting / Kerupuk PALEMBANG JUNA

Resep Pempek Keriting / Kerupuk PALEMBANG JUNA menggunakan adonan dasar. Seperti diketahui oleh semua, juna sudah memberikan cara membuat komposisi dasar untuk bikin pempek, itu sobat bisa buat apa saja.

Adonan dasar pembuatan pempek ini bukan sembarangan, karena bisa dibikin apa saja berdasarkan itu. Kali ini ResepJuna.blogspot.com akan memberikan rahasia terpendam dari masakan khas kota wongkito dengan resep pempek keriting yang tentu saja merupakan salah salah variasi lain dari masakan khas palembang ini. Sobat juna bisa lihat dengan jelas disana, Jenis keriting ternyata cukup rumit proses bikinya, sebab mesti dicetak dahulu dengan pirikan / batok kelapa berlubang halus.

Resep Pempek Keriting Kerupuk

Resep Pempek Keriting atau Kerupuk

Dengan cara, adonan pempek diletakkan diatas talenan, kemudian pirikan ditekan di atasnya. Nah terus gumpalan adonan pempek keriting serupa mie akan terkumpul di atas pirikan, lalu dipisahkan. Selanjutnya direbus di atas air panas tetapi tidak mendidih, supaya adonan tidak pisah, bisa juga dikukus. Juna tahu bahwa Pempek keriting disajikan tanpa digoreng.

Bahan adonan :

Adonan dasar pempek bisa di lihat di resep pempek palembang asli.

Cara membuat pempek keriting :
  1. ~ Langkah awalnya ambil adonan pempek bulatkan kecil sebesar bola tenis.
  2. ~ Kemudian gunakan pirikan (Pirikan kuningan atau batok kelapa yang ada lobang halus)
  3. ~ Lalu tekan adonan dengan pirikan, ambil gumpalan kerupuk dari pirikan dan taruh oleh sobat di tatakkan.
  4. ~ Nah Jika sobat tidak punya pirikan, gunakanlah mesin pembuat mie kecil, potong secukupnya serta bulatkan taruh ditatakan.
  5. ~ Kalau diperhatikan, caranya sama persis dengan membuat kerupuk seperti biasanya.

Cara Memasak pempek keriting atau kerupuk :
  1. ~ Pertama didihkan air bersih dengan menggunakan panci kukus.
  2. ~ Kemudian taruh pempek kerupuk ke tatakan lalu kukus hingga masak.
  3. ~ Lalu dinginkan, angkat, beres deh tuh si pempek keriting ini.
Baca sebelumnya ada resep pempek adaan Palembang gurih.

Karena memang bentuknya si keriting ini seperti kerupuk melingkar lingkar dibentuk bulat jadi gak salah kalau si keriting ini disebut pempek kerupuk juga. sobat sekarang tinggal santap dengan cuko yang segar, bisa ditambahkan irisan timun dan mie kuning. Nah biasanya di palembang sana Pempek keriting ini juga bisa dibikin sebagai kerupuk goreng. hmmm Juna pikir mending jadiin pempek deh ya. ok sobat juna setia Resep Pempek Keriting / Kerupuk PALEMBANG sudah beres nih.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Pempek Keriting / Kerupuk PALEMBANG JUNA