Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Dodol Ketan GULA MERAH LEGIT

Resep Dodol Ketan GULA MERAH LEGIT dijamin nih. Mau acara apa saja makanan manis ini cocok, cara membuatnya bukan yang warna hitam, bisa banget ditambah anek rasa buah kalau mau, memang betawi jagonya kalau soal begnian.

Makanan manis legit ini, bisa dibeli di toko kue atau oleh oleh, banyak model dengan aneka rasa buah, misalnya durian, labu kuning ataupun pepaya dan masih banyak lagi buah yang biasa ada dalam rasa dodol. Nah Kami kenal sejak dulu dodol garut berwarna hitam gula merah tanpa campuran apapun mungkin versi original seperti resep dodol ketan yang akan juna buat sekarang ini. Ciri khas makanan ini adalah bertekstur kenyal dan lembut,

Resep Dodol Ketan

Resep Dodol Ketan Manis

karena Dodol dibuat dari bahan - bahan sederhana seperti ; tepung ketan, santan kental, gula pasir / merah kemudian dicampur menjadi satu lalu diaduk hingga berjam - jam sambil terus diaduk merata dan adonan jadi kering atau mengental, biasanya saya membutuhkan waktu sekitar 3 setengah jam, sampai pegel pegel nih tangan. Nah kalau begitu sobat harus siapkan dulu tenaga ya...nah ini dia cara membuat dodol ketan dengan gula merah.

Sebelumnya ada resep pancake praktis.

Kumpulkan bahan bahan dodol ketan ini :
  • 1 kilogram tepung ketan
  • 2 kilogram gula merah, diiris halus
  • 100 gram tepung beras
  • 2 liter santan encer
  • 2 liter santan kental
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh garam
  • Secukupnya Daun pisang tuk alas
Cara membuat dodol ketan Gula Merah :
  1. ~ Langkah awalnya didihkan santan kental bersama gula merah, daun pandan, garam. lalu angkat, sisihkan daun pandan.
  2. ~ Lalu larutkan tepung ketan juga tepung beras dengan santan encer, aduk merata.
  3. ~ Kemudian tuangkan larutan tepung sedikit demi sedikit ke rebusan santan kental dan gula merah sambil terus diaduk hingga adonan matang, mengental dan jadi kalis. Matikan api, angkat.
  4. ~ Setelah itu tuang dodol ketan yang masih dalam keadaan panas ke loyang yang telah diberi daun pisang, ratakan, biarkan dingin.
  5. ~ Selanjutnya kalau sudah dingin, sobat potong-potong dodol sesuai selera.
  6. ~ terus bungkus dodol dengan plastik supaya lebih awet, bersih dan cantik. Beres.

Tips resep dodol Ketan :

~ Siapkan stamina sobat untuk mengaduk adonan, karena dibutuhkan waktu lama, dan sobat gak boleh berhenti mengaduk.
~ Gunakan adukan yang terbuat dari kayu keras, karena semakin lama adonan dodol ketan akan semakin lengket dan itu membutuhan sesuatu yang kuat.

Baca juga resep martabak manis bangka lezat.

Kalau berhasil memasak dodol ketan, admin yakin sobat akan puas melihat hasil jerih payah sudah terbayarkan. rasanya manis legit dan empuk, pasti semua suka, bisa dihidangkan dimeja saat lebaran dong yang sebentar lagi akan tiba. sipp dehhh Resep Dodol Ketan GULA MERAH LEGIT ternyata bermanfaat juga ya.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Dodol Ketan GULA MERAH LEGIT