Resep Cara Membuat Makanan Nusantara Yang Enak

Resep Kue Janda Songkolo Bandang HAH?

Resep Kue Janda Songkolo Bandang hmm emang ada?. Ya begitulah sebutannya, khas bugis loh, sekilas seperti ongol-ongol namun cara membuat kue ini belum tentu coba saja lihat disini yuk sama-sama dengan juna.

Telah menjadi kebiasaan buat orang kita, setiap saat berbuka puasa selalu berburu kuliner, tentu saja makanan pembuka berbuka puasa. di daerah Sulawesi terdapatlah satu kue pada waktu bulan Ramadhan diburu orang. Namanya Kue Janda. entah mengapa disebut demikian,

Resep Kue Janda Songkolo Bandang

Resep Kue Janda Songkolo Bandang

inti dari kue ini terbuat dari Pisang yang dibungkus dengan parutan ubi kayu, lalu dikukus kemudian dihidangkan dengan taburan parutan kelapa, jadi gak ada hubungan dengan janda muda apalagi janda tua, hehehe. Namun di Makassar masyarakatnya menyebutnya sebagai Songkolo Bandang. Ya memang ini adalah penganan unik, biasanya (khas) dibuat dalam dua warna, yaitu hijau dan merah, tentu warnanya dari pewarna makanan herbal. Nah bagi sobat juna yang tertarik boleh deh baca cara membuat kue janda atau songkolo bandang yang gurih dan manis ini.

Sebelumnya ada resep kue pancong yang lembut

Kumpulkan bahan bahan ini:
  • 500 gram singkong, diparut
  • Pisang tanduk atau pisang raja yang tua secukupnya, direbus
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 butir kelapa muda, parut
  • Pewarna makanan, secukupnya, warna merah dan hijau
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1/4 sendok teh garam
  • Urap Kelapa secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • Tali untuk mengikat secukupnya

bahan taburan kelapa kue Janda :
  • 1/3 butir kelapa, diparut kasar
  • 1/4 sdt garam
~ Kelapa parut lalu tambahkan garam kemudian kukus +/- 5 menit, sisihkan.

Cara Membuat Kue Janda :
  1. ~ Peras parutan singkong, buang acinya, lalu campur dengan gula pasir, garam, vanili, dan kelapa parut. Aduk sampai rata.
  2. ~ Bagi adonan menjadi 3 bagian, 1 bagian dibiarkan polos tanpa pewarna, 2 bagian lainnya masing-masing diberi warna merah dan hijau.
  3. ~ Kupas pisang, lalu bungkus dengan adonan tersebut sampai pisang tertutup semuanya.
  4. ~ Gulung dengan daun pisang seperti membuat lontong, ikat kedua ujungnya dengan tali. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
  5. ~ Kukus selama +/- 1 jam sampai matang, dinginkan. Angkat dan lepaskan dari daun pisang.
  6. ~ Potong melintang setebal 2 cm. Taburi atau gulingkan pada urap kelapa. angkat, beres.

Kalau buat lebaran, bikin resep cheese Stick aja  nih

Nah selesaikan?, sebenarnya juna juga gak tau mana yang benar dan mana yang salah, kue seperti ini hampir ada disetiap daerah dengan penamaan berbeda-beda, ada yang menyebutnya kue kaca mata, kue Putri Noong, kue Moto Kebo, kue mata roda, walaupun bisa kita ambil benang merah dan nyatakan bahwa masakan kita biasanya dari satu sumber, lalu dibawa ke daerah masing-masing lalu diberi nama sesuai bahasa setempat, hmmm. okelah gpp juga ya, yang penting Resep Kue Janda Songkolo Bandang sudah ditulis disini.

Tags :
Bagikan
Bagikan
Bagikan

Parfum Online

Artikel Terkait Resep Kue Janda Songkolo Bandang HAH?